Dukungan bagi Simone Biles, Pesenam AS yang Mundur dari Olimpiade Tokyo demi Kesehatan Mental

Kompas.com - 30/07/2021, 08:30 WIB
Pesenam Amerika Serikat Simone Biles saat berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020. AFP/LOIC VENANCEPesenam Amerika Serikat Simone Biles saat berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020.

KOMPAS.com - Pesenam Amerika Serikat Simone Biles mendapatkan beragam dukungan atas keputusannya untuk mundur dari babak final beregu putri dan final individual all around putri Olimpiade Tokyo 2020.

Simone Biles, yang kini berusia 24 tahun, mundur karena merasa kesehatan mentalnya dalam kondisi tidak baik.

Hal tersebut bermula setelah dia mendapat skor 13.766 (skor lompatan terendah Biles di Olimpiade) ketika rotasi pertama dalam final beregu putri di Ariake Gymnastics Centre, Selasa (27/7/2021) waktu setempat.

Simone Biles kemudian langsung meninggalkan arena dan mengatakan dirinya tak bisa melanjutkan kompetisi karena dalam situasi stres luar biasa.

Ini membuat Biles melepaskan kesempatan untuk meraih medali emas kelimanya pada ajang Olimpiade.

Baca juga: Hasil Preliminary Round 100 Meter Putri Olimpiade Tokyo - Pelari Indonesia Alvin Tehupeiory Melaju ke Ronde 1

Biles sendiri digambarkan sebagai atlet senam terbesar di Olimpiade Tokyo dan salah satu atlet terhebat sepanjang olahraga senam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia telah memenangi enam medali pada Olimpiade pertamanya di Rio 2016, termasuk empat emas. Biles juga mengoleksi 19 emas di Kejuaraan Dunia.

"Setiap kali berada dalam situasi stres yang tinggi, Anda menjadi panik," kata Biles setelah final beregu putri dilansir CNN International.

"Saya harus fokus pada kesehatan mental saya dan tidak membahayakan kesehatan dan kesejahteraan saya," tuturnya.

"Sungguh menyebalkan ketika Anda bertarung dengan kepala Anda sendiri," katanya.

Pesenam putri Amerika Serikat, Simone Biles (tengah), menjalani seremoni di atas podium setelah memenangi noor vault (meja lompat) pada Olimpiade Rio di Olympic Arena, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (14/8/2016).BEN STANSALL/AFP PHOTO Pesenam putri Amerika Serikat, Simone Biles (tengah), menjalani seremoni di atas podium setelah memenangi noor vault (meja lompat) pada Olimpiade Rio di Olympic Arena, Rio de Janeiro, Brasil, Minggu (14/8/2016).

Baca juga: Merasa "Kalah" secara Mental, Simone Biles Mundur di Final Olimpiade

Halaman:
Baca tentang


Sumber CNN,BBC,Olympic
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.