Kompas.com - 28/07/2021, 14:40 WIB
Ilustrasi cara bermain softball shutterstock.comIlustrasi cara bermain softball

KOMPAS.com - Permainan softball mengharuskan seorang pemain memukul bola yang diberikan oleh pelambung (pitcher) sebelum dapat berlari menuju base pertama.

Apabila seorang pemain gagal memukul bola yang dilambungkan oleh pitcher dengan mengayunkan tongkat ke arahnya, maka dianggap terkena strike.

Seorang pemukul (batter) yang tiga kali mengalami strike, akan dinyatakan strike out atau harus keluar dari permainan.

Pelanggaran berupa strike diberikan terlepas dari posisi bola yang mengarah ke seorang pemukul (batter) berada dalam area strike zone maupun tidak.

Keputusan mengenai masuknya bola dalam area strike zone, sepenuhnya berdasar pada penilaian umpire atau wasit dalam permainan softball.

Lantas, apakah yang dimaksud dengan strike zone pada permainan softball dan bagaimana wasit melakukan penilaiannya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Teknik Sliding dalam Softball

Posisi area strike zone dalam permainan softball berada di sekitar lutut batter hingga bagian tengah punggung atau bagian di sekitar nama pada jersey.

Dilansir dari laman US Sports Camps, lebar dari strike zone pada permainan softball berada sejajar dengan ukuran home plate.

Bentuk pemahaman terkait yang dimaksud dengan strike zone pada permainan softball menjadi penting bagi seorang pemain ketika melempar atau memukul.

Untuk seorang pelempar, memperkirakan arah bola yang dilempar meningkatkan kemungkinan membuat batter di kubu lawan mengalami strike.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.