Kompas.com - 27/07/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi gerak menangkap bola permainan softball shutterstock.comIlustrasi gerak menangkap bola permainan softball

 

KOMPAS.com - Cabang olahraga softball mengharuskan seorang pemain menyentuh base setelah mampu memukul bola atau dalam giliran menyerang.

Bentuk upaya menyentuh base dengan cara menjatuhkan badan ke belakang dan mengayunkan salah satu kaki ke depan ke arah base disebut sliding.

Maksud seorang pemain menyentuh base dengan melakukan teknik sliding, adalah mencapainya tanpa mengurangi kecepatan dan atau menghindari sentuhan lawan.

Adapun, macam-macam teknik sliding pada softball dapat dibedakan berdasarkan bentuk gerakan hingga anggota tubuh yang dipakai menyentuh base.

Seperti dikutip dari buku Softball dan Baseball: Teori dan Praktik (2019) oleh Anggi Setia Lengkana dan Rana Gustian Nugraha, terdapat tiga jenis sliding berdasar bentuk gerakannya.

Jenis sliding tersebut adalah straight slide (lurus), hook slide (mengait), atau gerakan yang mengarahkan kepala ke base lebih dahulu (head first slide).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Teknik Dasar Memegang Kayu Pemukul dalam Permainan Softball

Namun, terdapat dua jenis teknik sliding lain dalam softball yang umum dilakukan seorang pemain ketika bertanding di lapangan.

Dua jenis sliding tersebut adalah pop out slide serta gerakan mencapai base dengan mendahulukan lengan atau jangkauan tangan (hand first slide).

Berikut adalah penjelasan singkat macam-macam teknik sliding pada softball, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Straight slide

Teknik mencapai base dalam permainan softball dengan menjulurkan kaki terlebih dahulu disebut sebagai straight slide atau sliding lurus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.