Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal-usul Conor McGregor Dijuluki The Notorious

Kompas.com - 10/07/2021, 21:00 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

Sumber ESPN,UFC

KOMPAS.com - Conor McGregor mempunyai julukan The Notorious sejak tampil di kelas ringan ajang Ultimate Fighting Championsip (UFC) pada 2013.

Saking melekatnya julukan tersebut, Conor McGregor sudah mengajukan nama The Notorious sebagai merk dagang tersendiri.

Pengajuan itu dilakukan melalui Kantor Urusan Paten dan Merk Dagang Amerika Serikat pada Januari 2017 lalu, seperti dilansir dari laman ESPN.

Di luar pengajuan atas merk dagang atas julukannya itu, Conor McGregor juga mempunyai kesepakatan dengan jenama peralatan olahraga Reebok untuk memakai nama The Notorious dalam produk mereka.

Jika diartikan secara harfiah ke dalam Bahasa Indonesia, kata notorious merujuk kepada seseorang dengan reputasi jahat atau nama buruk.

Adapun konotasi julukan itu menjadi sesuai jika melihat perilaku serta perjalanan karier McGregor sepanjang tampil di pentas UFC.

Baca juga: Teknik di Balik Tendangan Poirier yang Berujung Dampak Medis bagi McGregor

Bagaimana sejatinya Conor McGregor mendapat julukan The Notorious yang melekat kepada dirinya sampai saat ini?

Menurut pengakuan langsung McGregor dalam wawancara pada laman MacLife pada Februari 2020, julukan The Notorious bermula dari sang pelatih, John Kavanagh.

Tadinya, sang pelatih menyimpan nomor telepon McGregor sebagai “si pembuat onar” dalam daftar kontak ponsel miliknya.

Perilaku anak asuhnya yang tidak pernah lepas dari masalah, membuat Kavanagh memberikan panggilan tersebut di awal karier McGregor dalam cabang bela diri campuran (MMA).

Hingga akhirnya, McGregor menggunakan karya salah satu musisi favoritnya yakni mendiang rapper The Notorious B.I.G, sebagai lagu pendamping ketika memasuki oktagon.

Dari situ, McGregor terinspirasi menggunakan nama julukan The Notorious selama karier bertarungnya di kancah UFC.

“Sejak mendapat panggilan tersebut dari pelatih karena sering terlibat masalah, kini julukan tersebut sulit terlepas dari saya sebagai petarung,” kata McGregor seperti dilansir dari laman The MacLife.

Baca juga: Daftar Penakluk Conor McGregor di Pentas UFC, Ada Siapa Sebelum Poirier?

Julukan tersebut rupanya membawa berkah tersendiri dalam karier Conor McGregor, hingga mampu meraih gelar juara kelas bulu dan ringan UFC.

Walaupun pada akhirnya Conor McGregor harus kehilangan gelar juara kelas ringan UFC pada Khabib Nurmagomedov pada 2019 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com