Jordan Pickford, Figur Kunci Rekor Nirbobol Skuad Inggris di Euro 2020

Kompas.com - 06/07/2021, 18:20 WIB
Kiper timnas Inggris, Jordan Pickford (tengah), meninju bola dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2020 antara Inggris vs Jerman di Stadion Wembley, Selasa (29/6/2021). JOHN SIBLEY/AFPKiper timnas Inggris, Jordan Pickford (tengah), meninju bola dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2020 antara Inggris vs Jerman di Stadion Wembley, Selasa (29/6/2021).

KOMPAS.com - Timnas Inggris menjaga gawang mereka tak kebobolan dalam lima pertandingan beruntun di ajang Euro 2020, tepatnya sejak fase penyisihan grup hingga perempat final.

Inggris bahkan mampu membukukan rekor sebagai tim pertama yang mampu mengakhiri laga tanpa kemasukan di lima laga awal Piala Eropa sepanjang sejarah, seperti dikutip dari laman Goal.

Faktor utama raihan positif itu datang dari penampilan kiper Jordan Pickford, yang dipercaya pelatih Gareth Southgate mengawal gawang timnas Inggris sejak gelaran Euro 2020 dimulai.

Walaupun memiliki barisan pertahanan yang berisikan pemain bintang di depannya, bukan berarti kinerja Jordan Pickford terbilang mudah sepanjang turnamen berlangsung.

Jordan Pickford membuat sembilan penyelamatan terhadap upaya serangan lawan dari lima penampilannya di bawah mistar selama Euro 2020, seperti dilansir dari laman resmi UEFA.

Angka tersebut lebih banyak dibandingkan penjaga gawang tiga tim lainnya yang masih tersisa di babak semifinal Euro 2020 yakni Denmark, Italia, dan Spanyol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Harry Kane, Singa Ompong yang Dilindungi Timnas Inggris di Euro 2020

Catatan penyelamatan peluang milik Kasper Schmeichel, kiper Denmark, paling mendekati torehan Pickford dengan delapan kali berjibaku melindungi gawangnya dalam lima penampilan.

Sementara, baik Unai Simon (kiper Spanyol) dan Gianluigi Donnarumma (Italia) masing-masing mencatatkan enam penyelamatan sepanjang penampilan mereka di ajang kejuaraan antarnegara Eropa ini.

Euro 2020 seakan menjadi momentum pembuktian diri Jordan Pickford sebagai sosok penjaga gawang nomor satu di benak Southgate.

Hanya saja, kiprah pemain jebolan akademi Sunderland itu di luar status sebagai kiper utama timnas Inggris tidak selalu berjalan dengan sempurna.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.