Luke Shaw, Kunci Sukses Skema Tiga Bek Inggris Saat Hadapi Jerman

Kompas.com - 30/06/2021, 07:27 WIB
Para pemain timnas Inggris, Declan Rice, Luke Shaw, dan Harry Kane, serta pelatih Gareth Southgate bereaksi setelah laga Grup D Euro 2020 kontra Skotlandia di Stadion Wembley pada Sabtu (19/6/2021) dini hari WIB. AFP/MATT DUNHAMPara pemain timnas Inggris, Declan Rice, Luke Shaw, dan Harry Kane, serta pelatih Gareth Southgate bereaksi setelah laga Grup D Euro 2020 kontra Skotlandia di Stadion Wembley pada Sabtu (19/6/2021) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, menjawab keraguan terhadap permainan skuadnya dengan mengalahkan Jerman 2-0 di fase 16 besar Euro 2020 pada Selasa (29/6/2021).

Gareth Southgate menyiapkan timnya untuk bermain dengan formasi 3-4-3 sejak sepak mula, demi mengantisipasi permainan Jerman yang turun dengan skema 3-4-1-2.

Strategi memakai tiga bek pilihan Gareth Southgate itu berbeda dibandingkan skema 4-3-3 atau 4-2-3-1, yang dipakai timnas Inggris selama fase penyisihan grup.

Adanya pergeseran skema permainan memberi dampak pada peran serta penampilan sejumlah anggota skuad yang tampil sejak awal laga, termasuk bek sayap Luke Shaw.

Luke Shaw mendapat kebebasan untuk menjelajah wilayah tepi kiri lapangan permainan sebagai wing back, dibandingkan perannya dalam dua laga di penyisihan grup.

Kinerja apik Luke Shaw terlihat jelas dalam proses serangan yang berbuah dua gol bagi timnas Inggris, melalui Raheem Sterling dan Harry Kane.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Profil Harry Maguire, Tembok Inggris Menuju Perempat Final Euro 2020

Momentum didapatkan timnas Inggris ketika memasukkan gelandang Jack Grealish menggantikan Bukayo Saka pada pertengahan babak kedua.

Pergantian pemain ini bertujuan mendorong Grealish bermain di sisi yang sama dengan Shaw, sementara Sterling bergeser ke sektor kanan lapangan.

Kesempatan untuk melakukan overlap didapatkan oleh Luke Shaw pada menit ke-74, berkat ruang yang muncul setelah pemain bertahan Jerman berupaya menutup pergerakan Grealish.

Shaw lantas mengirimkan operan silang menuju kotak penalti Jerman, yang dimanfaatkan dengan maksimal oleh Raheem Sterling menjadi gol pertama bagi skuad The Three Lions.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.