Thomas Vermaelen dan Representasi Tunggal Liga Jepang di Euro 2020

Kompas.com - 22/06/2021, 22:40 WIB
Bek timnas Belgia Thomas Vermaelen (3) tampil dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa melawan Wales pada Kamis (25/3/2021). Twitter/BelRedDevilsBek timnas Belgia Thomas Vermaelen (3) tampil dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa melawan Wales pada Kamis (25/3/2021).

KOMPAS.com - Bek timnas Belgia, Thomas Vermaelen, membukukan capaian unik ketika tampil dalam laga penyisihan Grup B Euro 2020 kontra Finlandia pada Selasa (22/6/2021) dini hari WIB.

Thomas Vermaelen menjadi pemain asal klub peserta di Liga Jepang (J-League) pertama, yang tampil di pentas Piala Eropa sejak Euro 2000.

Ketika itu, kompetisi kasta teratas Liga Jepang mengirim satu wakil pemain yakni gelandang serang asal Yugoslavia, Dragan Stojkovic, yang berstatus anggota skuad klub Nagoya Grampus Eight.

Saat ini, Thomas Vermaelen terikat kontrak dengan klub Vissel Kobe yang hingga pekan ke-18 musim 2021 berada di peringkat kelima klasemen J-League 1.

Vermalen sendiri bergabung dengan Vissel Kobe sejak 2019, ketika kontraknya berakhir dengan klub asal kompetisi Liga Spanyol, Barcelona.

Dalam skuad Vissel Kobe saat ini pun, Vermaelen kembali berada satu tim dengan mantan rekannya di Barcelona yakni gelandang Andres Iniesta dan Sergi Samper.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Riwayat Nasib Sial Lukas Hradecky dan Gol Bunuh Diri di Euro 2020

Selama lebih dari dua tahun kariernya bersama Vissel Kobe, Vermaelen telah mempersembahkan gelar berupa titel juara Piala Kaisar 2019 dan Piala Super Jepang 2020.

Kritik sempat muncul melihat nama Thomas Vermaelen masuk dalam skuad Belgia yang dibawa pelatih Roberto Martinez, menuju Euro 2020.

Terlebih, karena masih ada banyak pemain berposisi serupa dan berusia lebih muda dari Vermaelen yang bermain di kompetisi sepak bola Eropa.

Namun, keraguan terhadap kemampuan Vermaelen sedikit terkikis usai tampil solid mengawal lini belakang skuad Setan Merah dalam laga kontra Finlandia.

Halaman:


Sumber UEFA
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X