Mengapa Pesepak Bola Bertepuk Tangan Saat Meninggalkan Lapangan?

Kompas.com - 22/06/2021, 21:40 WIB
Para pemain timnas Belgia merayakan kemenangan setelah pertandingan Denmark vs Belgia di fase grup Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Kamis (17/6/2021) malam WIB. AFP/STUART FRANKLINPara pemain timnas Belgia merayakan kemenangan setelah pertandingan Denmark vs Belgia di fase grup Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Kamis (17/6/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - Pemain bertepuk tangan saat meninggalkan lapangan merupakan pemandangan lumrah di dunia sepak bola.

Biasanya, pemain akan bertepuk tangan di atas kepala saat ia digantikan maupun ketika pertandingan telah selesai.

Pada gelaran Euro 2020, pemandangan ketika para pemain dari tim peserta memberikan tepuk tangan kepada penonton juga bisa disaksikan.

Salah satu contohnya adalah ketika para pemain timnas Belgia memberikan applause ke arah penonton setelah pertandingan kontra Denmark di Stadion Parken, Kopenhagen, Kamis (17/6/2021).

Baca juga: Euro 2020, Spirit Christian Eriksen dan Keajaiban Denmark

Setelah pertandingan selesai, Thibaut Courtois dkk berdiri ke arah tribune penonton lalu bertepuk tangan.

Pemandangan seperti itu tak hanya terjadi selepas laga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika ada seorang pemain diganti, biasanya ia akan bertepuk tangan sambil berjalan ke pinggir lapangan.

Mengapa mereka melakukan itu?

Pemain Argentina Lionel Messi memberikan tepuk tangan kepada suporter sesuai laga melawan Perancis pada babak 16 besar Piala Dunia 2018, di Kazan Arena, Sabtu, 30 Juni 2018. Perancis menang 4-3 atas Argentina.AFP PHOTO/LUIS ACOSTA Pemain Argentina Lionel Messi memberikan tepuk tangan kepada suporter sesuai laga melawan Perancis pada babak 16 besar Piala Dunia 2018, di Kazan Arena, Sabtu, 30 Juni 2018. Perancis menang 4-3 atas Argentina.

Baca juga: Alasan Piala Eropa Digelar Empat Tahun Sekali

Mengutip situs web Footballhandbook.com, ada beberapa alasan mengapa para pesepak bola bertepuk tangan di atas kepala saat meninggalkan lapangan.

Seorang pemain bertepuk tangan ketika mereka meninggalkan lapangan, baik pada akhir laga atau jika diganti, untuk menunjukkan penghargaan kepada penggemar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X