Kompas.com - 21/06/2021, 22:40 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung melawan tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon dalam babak kedua Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Kamis (18/7/2019). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung melawan tunggal putri Thailand, Ratchanok Intanon dalam babak kedua Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

KOMPAS.com - Bulu tangkis merupakan cabang olahraga permainan bola kecil yang melibatkakn dua pemain dengan menggunakan raket dan sebuah shuttlecock (kok).

Setiap pemain harus menguasai beragam teknik pukulan memakai raket untuk dapat mengarahkan kok untuk jatuh di wilayah permainan lawan agar menghasilkan angka.

Dua contoh jenis teknik pukulan yang kerap digunakan dalam olahraga bulu tangkis di antaranya adalah lob serta drop shot.

Kedua jenis teknik pukulan pada permainan bulu tangkis tersebut mempunyai ciri serta perbedaan, berdasarkan gerakkannya maupun arah laju bola.

Mengutip dari buku Mengenal Olahraga Bulu Tangkis (2020) oleh Tri Hadi Karyono, hasil arah laju bola serta sasaran kedua teknik tersebut menjadi berbeda karena bentuk pukulan yang dilakukan.

  • Pukulan lob

Jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis yang diarahkan melambung jauh ke belakang disebut pukulan lob.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuan utama dari bentuk pukulan lob adalah menempatkan bola pada bagian sekitar garis belakang di wilayah permainan lawan.

Baca juga: Ragam Pelanggaran dalam Servis Bulu Tangkis

Dengan pukulan tersebut, seorang pemain dapat menekan permainan lawan dengan menaruh bola di belakang sang pemain tanpa melewati garis batas permainan.

Ragam teknik pukulan lob dibagi menjadi dua yakni overhead ataupun underhand lob, sesuai dengan posisi raket saat bersentuhan dengan kok.

Overhead lob dilakukan dengan menyentuhkan raket dengan kok, saat lajunya berada di atas kepala sang pemain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X