Kompas.com - 15/06/2021, 20:40 WIB
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan saat beraksi melawan pebulu tangkis Malaysia, Selvaduray Kisona babak final bulu tangkis perorangan SEA Games 2019, di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Senin (9/12/2019). Ruselli Hartawan berhasil menyumbang medali perak, setelah kalah dari pebulu tangkis Malaysia dengan skor 20-22, 14-21, 13-21. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Ruselli Hartawan saat beraksi melawan pebulu tangkis Malaysia, Selvaduray Kisona babak final bulu tangkis perorangan SEA Games 2019, di Muntinlupa Sports Complex, Filipina, Senin (9/12/2019). Ruselli Hartawan berhasil menyumbang medali perak, setelah kalah dari pebulu tangkis Malaysia dengan skor 20-22, 14-21, 13-21.

KOMPAS.com - Backhand merupakan sebutan untuk ragam pukulan dalam permainan bulu tangkis, yang merujuk pada posisi tangan seorang pemain mengayunkan raket ke arah shuttlecock (kok).

Adapun, pukulan backhand dilakukan dengan menghadapkan tangan membelakangi arah datangnya kok saat menyentuhkan raket atau pukulan yang dilakukan dengan posisi badan membelakangi lawan.

Teknik pukulan backhand mempunyai tumpuan utama pada gerakan pergelangan tangan sehingga memberi dorongan maksimal ketika mengayun raket.

Di sisi lain, bentuk pukulan backhand juga bisa dilakukan dengan menggerakkan badan membelakangi net atau lawan.

Baca juga: Bagaimana Pukulan Servis dalam Bulu Tangkis Dikatakan Baik?

Cara tersebut dimaksudkan untuk mengejar arah jatuhnya kok, yang melewati jangkauan lengan ketika hendak dipukul.

Sehingga, pukulan yang dilakukan dengan posisi membelakangi lawan adalah variasi dari teknik backhand dalam bulu tangkis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Upaya untuk melakukan pukulan backhand dengan membalikkan badan terbilang sulit untuk dilakukan karena sejumlah faktor.

Di antaranya adalah kemampuan mengukur laju kok setelah dipukul agar dapat melintasi net, hingga jatuh menuju permukaan wilayah permainan lawan.

Baca juga: Teknik Servis Pendek dan Panjang dalam Bulu Tangkis

Begitu juga dengan kemungkinan pihak lawan telah mengantisipasi arah kok sebelum mencapai wilayah permainannya.

Maka, pemain lawan dapat mempersiapkan serangan balik dengan memanfaatkan postur tubuh yang belum kembali sepenuhnya menghadap net.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X