Kompas.com - 19/06/2021, 19:00 WIB
Para pemain Timnas Perancis merayakan gol ke gawang Timnas Jerman pada laga Grup F Euro 2020 pada Rabu (16/6/2021) dini hari WIB. AFP/FRANCK FIFEPara pemain Timnas Perancis merayakan gol ke gawang Timnas Jerman pada laga Grup F Euro 2020 pada Rabu (16/6/2021) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Timnas Perancis memiliki ciri khusus pada kostum pertandingannya selama ajang Euro 2020, yakni adanya emblem ayam jantan pada dada sebelah kiri para pemain.

Logo berbentuk ayam jantan tersebut merupakan simbol Federasi Sepak Bola Perancis (FFF), yang menaungi skuad timnas Perancis dalam laga di pentas internasional.

FFF turut memegang peranan penting sebagai pelaksana berbagai kegiatan sepak bola tingkat profesional maupun amatir di Perancis maupun Kerajaan Monako.

Namun, bagaimana ihwal penggunaan logo ayam jantan tersebut dan sejak kapan diletakkan pada kostum pertandingan pemain timnas Perancis?

Ayam jantan merupakan simbol bagi latar belakang bangsa Galia, yang dahulu hidup di kawasan yang menjadi negara Perancis saat ini.

Seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri dan Eropa Perancis, ayam jantan serta bangsa galia memiliki kesamaan bunyi kata (gallus) serupa dalam bahasa latin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Duel Adu Gengsi Perancis Vs Jerman di Euro 2020 dan Memori Bom Paris

Kemudian sebutan tersebut digunakan menjadi olok-olok bangsa lain yang menjadi seteru Perancis di era peperangan antarnegara Eropa.

Namun, keberadaan ayam jantan berkembang sebagai simbol pemersatu bangsa Perancis dan mencuat sejak era revolusi pada akhir abad ke-18 sebagai perlambang harapan dan optimisme.

Hingga pada akhirnya logo ini diadopsi oleh tim olahraga Perancis dari berbagai cabang termasuk sepak bola dan rugbi.

Khusus untuk cabang sepak bola, penggunaan emblem ayam jantan pada kostum pertandingan sudah berlangsung sejak awal abad ke-20.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X