Kompas.com - 05/06/2021, 16:20 WIB
Ilustrasi servis bawah dalam permainan bola voli kemdikbudIlustrasi servis bawah dalam permainan bola voli

KOMPAS.com - Serangan pertama yang dilakukan pada permaianan bola voli disebut teknik servis.

Servis dilakukan oleh seorang pemain yang menempati posisi kanan belakang di sebuah tim, dari belakang garis ujung lapangan.

Istilah servis juga kerap disebut sebagai sajian pertama kali dalam melakukan serangan kepada lawan.

Usai pukulan awal atau servis dilakukan menuju wilayah lawan, maka bola sudah dianggap berada dalam permainan, seperti dilansir dari buku peraturan Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Hingga akhirnya permainan terhenti ketika bola sudah menyentuh permukaan lapangan atau keluar dari wiayah permainan, serta menghasilkan angka untuk salah satu regu.

Giliran atau hak melakukan servis didapatkan oleh sebuah tim yang memperoleh poin setelah terjadinya rally atau sebuah alur permainan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Tinggi Net Bola Voli Putra dan Putri Berbeda?

Pada permainan bola voli, seorang pemain dari regu A melakukan smash, lalu pemain regu B melakukan block, maka point dan servis akan diberikan kepada regu A apabila bola jatuh di wilayah regu B.

Kondisi sebaliknya terjadi apabila, bola jatuh di luar wilayah permainan atau block regu B berhasil dilakukan sehingga jatuh di wilayah lapangan regu A, sehingga berbuah poin dan giliran servis untuk regu B.

Oleh karenanya situasi servis menjadi penting bagi sebuah tim dalam permainan bola voli, karena bisa menghasilkan angka secara langsung.

Baca juga: Fungsi Antena dalam Permainan Bola Voli

Caranya dengan mengarahkan bola melalui pukulan servis dengan teknik tertentu sehingga lajunya kencang dan jatuh tepat di wilayah lawan.

Halaman:


Sumber FIVB
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.