Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peraturan Servis pada Bola Voli

KOMPAS.com - Serangan pertama yang dilakukan pada permaianan bola voli disebut teknik servis.

Servis dilakukan oleh seorang pemain yang menempati posisi kanan belakang di sebuah tim, dari belakang garis ujung lapangan.

Istilah servis juga kerap disebut sebagai sajian pertama kali dalam melakukan serangan kepada lawan.

Usai pukulan awal atau servis dilakukan menuju wilayah lawan, maka bola sudah dianggap berada dalam permainan, seperti dilansir dari buku peraturan Federasi Bola Voli Internasional (FIVB).

Hingga akhirnya permainan terhenti ketika bola sudah menyentuh permukaan lapangan atau keluar dari wiayah permainan, serta menghasilkan angka untuk salah satu regu.

Giliran atau hak melakukan servis didapatkan oleh sebuah tim yang memperoleh poin setelah terjadinya rally atau sebuah alur permainan.

Pada permainan bola voli, seorang pemain dari regu A melakukan smash, lalu pemain regu B melakukan block, maka point dan servis akan diberikan kepada regu A apabila bola jatuh di wilayah regu B.

Kondisi sebaliknya terjadi apabila, bola jatuh di luar wilayah permainan atau block regu B berhasil dilakukan sehingga jatuh di wilayah lapangan regu A, sehingga berbuah poin dan giliran servis untuk regu B.

Oleh karenanya situasi servis menjadi penting bagi sebuah tim dalam permainan bola voli, karena bisa menghasilkan angka secara langsung.

Caranya dengan mengarahkan bola melalui pukulan servis dengan teknik tertentu sehingga lajunya kencang dan jatuh tepat di wilayah lawan.

Sebaliknya, pada permainan bola voli jika pemain yang gagal pada saat melakukan servis maka akan terjadi poin untuk kubu lawan tanpa melalui rally.

Adapun giliran melakukan servis dalam permainan bola voli, diberikan kepada pemain berbeda dari sebuah tim yang berada di posisi kanan belakang.

Perputaran pemain dalam olahraga bola voli sendiri berlaku searah dengan jarum jam, yang dilakukan setelah sebuah tim memperoleh angka.

Di sisi lain, penentuan mengenai tim yang mendapat giliran melakukan servis di awal pertandingan atau jika bergulir set kelima adalah melalui undian koin.

Tim pemenang undian berhak melakukan servis untuk mengawali pertandingan dengan memukul bola ke arah lapangan lawan.

https://www.kompas.com/sports/read/2021/06/05/16200048/peraturan-servis-pada-bola-voli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke