Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Klub dengan Nilai Pasar Paling Mahal

Kompas.com - 31/05/2021, 21:40 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

Sumber CIES

KOMPAS.com - Nilai pasar atau valuasi skuad sebuah klub sering menjadi indikator statusnya sebagai peserta sebuah kompetisi.

Salah satu lembaga yang rutin mencatat nilai pasar atau taksiran harga jual pemain sepak bola dari klub papan atas Eropa adalah lembaga riset CIES.

Lembaga riset CIES terbentuk pada 1995 berdasarkan kerja sama antara Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA), University of Neuchatel, dan Pemerintah Kota Neuchatel, Swiss.

CIES rutin mengeluarkan laporan berupa daftar klub dengan nilai pasar paling mahal, berdasarkan algoritma atau dasar penghitungan dengan berbagai faktor.

Faktor paling penting berasal dari setiap pemain yang menjadi anggota skuad dari klub tersebut, terutama yang bermain secara rutin.

Variabel model penghitungan nilai pemain CIES antara lain usia pemain, durasi kontrak, performa selama periode tertentu, dan status sebagai pemain timnas negara asalnya.

Baca juga: Kekayaan Sheikh Mansour, Sosok Pemilik Manchester City

Tingkat ekonomi sebuah klub serta prestasi yang ditorehkannya dalam beberapa musim kompetisi, juga menjadi dasar penghitungan terhadap nilai pasar para pemainnya.

Data terakhir klub dengan nilai pasar paling mahal menurut CIES diterbitkan pada April 2021 lalu, dengan menempatkan klub peserta kompetisi teratas Liga Inggris (Premier League), Manchester City, di posisi teratas.

Total nilai pasar seluruh anggota skuad Manchester City hampir mencapai 1,3 miliar euro atau sekitar 22,6 triliun rupiah.
Menariknya, berdasarkan taksiran harga pasaran dari CIES, dua pemain paling berharga dalam skuad Manchester City adalah Phil Foden dan Raheem Sterling.

Keduanya ditaksir memiliki banderol setidaknya 150 juta euro atau menyentuh 2,6 triliun pada saat laporan tersebut dirilis ke publik.

Selain Manchester City, terdapat tiga klub lain asal Premier League yang menempati lingkup peringkat 10 besar klub dengan nilai pasar paling mahal menurut CIES.

Tiga klub tersebut adalah Manchester United, yang menduduki peringkat kedua dalam daftar, bersama Chelsea (ketiga) dan Liverpool (kelima).

Baca juga: Alasan Roman Abramovich Membeli Chelsea

Namun, hanya Liverpool yang keseluruhan taksiran nilai pasarnya berada di bawah 1 miliar euro, yakni sebesar 897 juta euro atau sekitar 15,6 trilun rupiah.

Berikut adalah daftar 10 besar tim dengan taksiran nilai pasar termahal versi CIES, yang diterbitkan pada April 2021:

Nama Klub Asal Kompetisi/Negara Total Nilai Pasar*
Manchester City Premier League/Inggris 1.299
Manchester United Premier League/Inggris 1.161
Chelsea FC Premier League/Inggris 1.115
FC Barcelona LaLiga/Spanyol 991
Liverpool FC Premier League/Inggris 897
Real Madrid LaLiga/Spanyol 840
Juventus Serie A/Italia 829
Atletico Madrid LaLiga/Spanyol 791
Bayern Muenchen Bundesliga/Jerman 777
Borussia Dortmund Bundesliga/Jerman 772

Keterangan: (*)dalam satuan juta euro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com