Hampden Park, Markas Megah Skotlandia yang Jadi Tuan Rumah Euro 2020

Kompas.com - 19/05/2021, 21:20 WIB
Suasana stadion Hampden Park saat laga antara timnas Skotlandia melawan Inggris pada Juni 2017. Twitter/Scottish FASuasana stadion Hampden Park saat laga antara timnas Skotlandia melawan Inggris pada Juni 2017.

KOMPAS.com - Kejuaraan sepak bola antarnegara Eropa, Euro 2020, pada Juni hingga Juli 2021 nanti akan mengambil tempat di 11 kota dan negara berbeda.

Salah satu lokasi yang ditunjuk untuk menggelar pertandingan babak penyisihan dan 16 besar Piala Eropa nanti adalah Stadion Hampden Park.

Terletak di Glasgow, Stadion Hampden Park memegang status sebagai markas bagi timnas Skotlandia sejak 1906 silam.

Menariknya, stadion ini pernah memegang rekor sebagai yang terbesar di dunia ketika selesai dibangun pada 1903 oleh klub lokal, Queen’s Park.

Queen’s Park, yang berkompetisi di kasta keempat Liga Skotlandia, melepas hak kepemilikan Stadion Hampden Park kepada Asosiasi Sepak Bola Skotlandia (SFA) pada Maret 2021 lalu.

Kemegahan dari Stadion Hampden Park terlihat dari kemampuan menampung penonton hingga ratusan ribu orang pada awal abad ke-20.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pesona Stadion Olimpiade di Kota Angin Baku, Venue Euro 2020

Laga antara timnas Skotlandia melawan Inggris di Hampden Park pada 1908, menarik 121.452 orang penonton.

Catatan rekor penonton pertandingan sepak bola di Hampden Park semakin membesar, seiring adanya perluasan kapasitas tribune penonton.

Dilansir dari laman SFA, rekor penonton yang hadir dalam pertandingan timnas Skotlandia di Hampden Park mencapai 149.145 orang pada 1937.

Angka tersebut masih menjadi rekor penonton terbanyak, dalam kategori pertandingan uji coba timnas kawasan Eropa, sampai saat ini.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.