Kompas.com - 16/05/2021, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Cabang olahraga sepak bola membutuhkan sarana kompetisi sebagai wahana bagi pemain dan klub mengukur kemampuan sekaligus meraih prestasi.

Konsep kejuaraan di cabang olahraga sepak bola menjadi salah satu perhatian dari Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang terbentuk pada 1863.

Periode awal keberadaan asosiasi sepak bola tertua di dunia tersebut, memunculkan wacana untuk menggelar pertandingan antara klub anggotanya hingga menciptakan ajang Piala FA.

Ide tersebut disampaikan oleh Sekretaris FA, Charles W. Alcock, pada 1871 yang menyebut konsep kejuaraan bertajuk Challenge Cup.

Hanya ada 15 dari 50 klub yang diundang oleh FA kemudian menyanggupi ajakan sebagai peserta kejuaraan edisi perdana Piala FA, yang bergulir pada November 1871 hingga Maret 1872.

Bergulirnya ajang Piala FA pada periode tersebut, menjadikannya sebagai kejuaraan sepak bola tertua di dunia.

Baca juga: Daftar Juara Piala FA, Kejuaraan Sepak Bola Tertua di Dunia

Seperti dilansir dari laman resmi FA, Wanderers FC keluar sebagai juara Piala FA edisi perdana usai mengalahkan Royal Engineers di partai final, dengan skor akhir 1-0.

Daya tarik Piala FA baru meningkat setelah kompetisi resmi yang kemudian berkembang menjadi Liga Inggris, bergulir sejak 1888.

Piala FA dalam pelaksanaannya, sampai saat ini melibatkan klub dari 10 tataran kompetisi Liga Inggris, melalui sistem kualifikasi.

Faktor tersebut memunculkan pertemuan dua tim dari tataran kompetisi atau divisi berbeda, sehingga melibatkan gengsi dalam penampilan masing-masing klub.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.