Kompas.com - 14/05/2021, 11:30 WIB
Pesepak takraw Indonesia Muhammad Hardiansyah Muliang (depan) memblok smes dari pesepak takraw Myanmar Aung Naing Oo dalam pertandingan babak Final Sepak Takraw Ganda Beregu Putra SEA Games ke-30 di Subic Gymnasium, Filipina, Kamis (5/12/2019).  Regu takraw putra Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 2-0 sehingga meraih medali emas. ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANAPesepak takraw Indonesia Muhammad Hardiansyah Muliang (depan) memblok smes dari pesepak takraw Myanmar Aung Naing Oo dalam pertandingan babak Final Sepak Takraw Ganda Beregu Putra SEA Games ke-30 di Subic Gymnasium, Filipina, Kamis (5/12/2019). Regu takraw putra Indonesia menang atas Myanmar dengan skor 2-0 sehingga meraih medali emas.

KOMPAS.com - Sepak takraw adalah olahraga yang memadukan beberapa olahraga lainnya, sepak bola, bulu tangkis, dan juga bola voli.

Dalam permainan sepak takraw satu tim terdiri dari 3 orang. Para pemain tidak diperkenankan menyentuh bola dengan tangan.

Untuk dapat bermain sepak takraw dengan baik, seorang pemain yang merupakan individu-individu dalam regu (tim) harus menguasai teknik-teknik dasar bermain dengan baik.

Teknik Dasar Sepak Takraw

Dalam permainan sepak takraw ada beberapa teknik dasar yang harus dipahami dan wajib dikuasai oleh seorang pemain.

Baca juga: Sepak Takraw: Sejarah, Teknik, dan Ukuran Lapangan

Teknik dasar dalam permainan takraw dapat dilakukan dengan menggunakan kaki, dada, dan juga kepala, asalkan bola dapat memantul dengan baik.

Berikut adalah beberapa teknik dasar sepak takraw seperti dikutip dari dari buku Kepelatihan Dasar Sepak Takraw (2015), karya Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teknik sepakan atau menyepak merupakan teknik utama dan yang paling banyak digunakan dalam permainan sepak takraw.

Sebab, olahraga yang menggunakan bola dari bahan rotan ini memang paling dominan menggunakan kaki.

Teknik sepakan pada permainan sepak takraw terdiri dari beberapa jenis yaitu:

  1. Sepak Sila
  2. Sepak Kura atau Sepak Kuda
  3. Sepak Cungkil
  4. Sepak Badek atau Sepak Simpuh
  5. Sepak Mula atau Servis
  6. Sepak Tapak
  • Teknik Memaha atau Kontrol Bola dengan Paha

Baca juga: Bahan dan Ukuran Bola Sepak Takraw

Teknik memaha adalah memainkan bola dengan paha dalam usaha mengontrol bola.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X