Apa yang Dimaksud Sistem Rally Point dalam Bola Voli?

Kompas.com - 26/04/2021, 23:00 WIB
Pebola voli Jepang Hiroki Ozawa melepaskan smes ke arah pebola voli Indonesia 1 pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Jepang Hiroki Ozawa melepaskan smes ke arah pebola voli Indonesia 1 pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2.

KOMPAS.com - Permainan bola voli mengharuskan kedua tim yang terdiri dari enam orang pemain mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk meraih kemenangan.

Cara mendapatkan poin dalam permainan bola voli berasal dari keberhasilan menempatkan bola di daerah permainan lawan tanpa mampu dikembalikan.

Angka atau poin juga bisa diperoleh apabila tim lawan melakukan kesalahan seperti melakukan kesalahan pukulan awal dan melanggar aturan permainan.

Bentuk kesalahan atau pelanggaran yang umum terjadi, adalah saat seorang pemain menyentuh net.

Sebuah regu atau tim dalam permainan bola voli membutuhkan 25 poin, agar dinyatakan sebagai pemenang dalam sebuah set.

Permainan bola voli modern, apabila seorang pemain melakukan kesalahan dalam bermain maka regu lawan akan mendapatkan poin. Hal ini disebut sebagai sistem rally point.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip buku peraturan permainan bola voli dari Federasi Bola Voli Internasional (FIIVB), rally point adalah rangkaian permainan yang berawal dari pukulan awal (servis) hingga bola keluar dari permainan.

Baca juga: Teknik Dasar Blok dalam Bola Voli

Sistem rally point dapat dikatakan selesai apabila berakhirnya laju bola menghasilkan angka untuk salah satu tim yang bertanding.

Hal itu juga termasuk poin yang diperoleh akibat diberikannya penalti akibat pelanggaran peraturan menurut wasit, atau gagal dan hilangnya kesempatan melakukan servis.

Jika sebuah tim yang melakukan pukulan awal atau servis berhasil memenangi sebuah rally point, maka akan tetap melakukan servis pada giliran selanjutnya.

Halaman:


Sumber FIVB
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X