Jelang Derbi Manchester, Man United Diminta Melepas Ketergantungan pada Bruno Fernandes

Kompas.com - 07/03/2021, 19:40 WIB
Ekspresi kekecewaan Bruno Fernandes pada laga semifinal Liga Europa yang mempertemukan Sevill vs Man United di Stadion RheinEnergie, Koln, Jerman, Senin (17/8/2020). AFP/ INA FASSBENDEREkspresi kekecewaan Bruno Fernandes pada laga semifinal Liga Europa yang mempertemukan Sevill vs Man United di Stadion RheinEnergie, Koln, Jerman, Senin (17/8/2020).

KOMPAS.com - Manchester United diminta melepaskan ketergantugannya terhadap Bruno Fernandes dan bermain kolektif.

Pendapat itu dikemukakan oleh mantan pelatih Sporting CP, Carlos Carvalhal, dalam wawancara bersama TalkSport, Minggu (7/3/2021).

“Saya pikir tidak baik di tim mana pun di dunia jika Anda terlalu bergantung pada satu pemain, jadi ini tentu saja tidak bagus,” ucap Carvalhal.

“Hal terbaik bagi tim adalah bekerja sama sebagai kolektif, karena Manchester United memiliki banyak pemain yang bisa menjadi ancaman, bukan hanya Fernandes," imbuhnya.

Carvalhal mengakui bahwa Fernandes merupakan pemain penting di Man United. Namun, jika terlalu mengandalkannya, Man United bisa rugi.

Baca juga: Man City Vs Man United, Mengulik Resep Rotasi Jitu Pep Guardiola...

Kerugian itu lebih ke soal taktik. Jika klub terlalu bergantung terhadap satu pemain, taktik mereka cenderung mudah dibaca lawan.

Belum lagi jika sang pemain cedera, Man United mungkin akan kesulitan mencari penggantinya di lapangan.

“Ketika sebuah tim terlalu bergantung pada satu pemain, akan sangat sulit untuk mencapai sesuatu, karena lawan menemukan cara untuk mematikan pemain itu. Terkadang pemain itu juga bisa cedera," ucapnya.

“Sepak bola adalah permainan kolektif, tentang 11 pemain. Dan meskipun penting untuk memiliki pemain individu untuk memenangkan permainan, Anda membutuhkan semua pemain," kata Carvalhal.

"Jika Anda tidak terlalu bergantung pada satu pemain, dan setiap pemain membuat perbedaan, Anda bisa mengalahkan tim mana pun," tutur pria berkebangsaan Portugal itu.

Baca juga: Prediksi Starter Man City Vs Man United - De Gea Absen, Aguero Main?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X