Menpora Tentukan Cabor Usai Sepak Bola yang Akan Dapat Izin Turnamen

Kompas.com - 19/02/2021, 19:20 WIB
Menpora Zainudin Amali memberikan keterangan dalam konferensi pers seusai rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola Liga 1 & 2 pada Rabu (10/2/2021) pagi WIB.
TANGKAPAN LAYARMenpora Zainudin Amali memberikan keterangan dalam konferensi pers seusai rapat Koordinasi Pengkajian Terhadap Usulan Penyelenggaraan Kompetisi Sepak Bola Liga 1 & 2 pada Rabu (10/2/2021) pagi WIB.

KOMPAS.com - Menpora Zainudin Amali menyatakan bola basket akan menjadi cabang olahraga selanjutnya yang akan dapat izin menggelar turnamen.

Hal tersebut dinyatakannya ketika melakukan penyerahaan izin Polri kepada PSSI terkait pelaksanaan Piala Menpora 2021 di Jakarta, Jumat (19/2/2021) siang WIB.

Piala Menpora sendiri merupakan turnamen pramusim jelang Liga 1 dan Liga 2021. Namun, izin baru sebatas untuk pramusim.

Nantinya, pelaksanaan Piala Menpora selain menjadi ajang pemanasan klub, akan menjadi bahan evaluasi apakah izin kompetisi sebenarnya dapat diberikan.

Pada saat bersamaan Menpora Zainudin Amali mengungkap bola basket akan mendapat izin turnamen menyusul cabor sepak bola.

Baca juga: Sah! Izin Tertulis Polri Diberikan, Piala Menpora 2021 Siap Bergulir

Ia pun telah merencanakan untuk melakukan rapat koordinasi dengan IBL dan Perbasi pada hari Selasa (23/2/2021), terkait pembahasan izin dari Polri selaku pihak yang bertanggung jawab soal keramaian.

"Jadi, setelah sepak bola maka akan menyusul basket. Dijadwalkan pada Selasa siang kita akan rapat koordinasi," tutur Zainudin Amali kepada awak media.

"Soal ini mungkin tidak terlalu sulit karena seluruh pertandingan basket hanya ada di satu tempat dan indoor (dalam ruangan)."

"Lalu pemain juga akan ada di satu hotel yang sama," jelasnya.

Baca juga: Piala Menpora Digelar Tanpa Penonton, Siapa Saja yang Boleh Masuk Stadion?

Lebih lanjut, Menpora Zainudin Amali membeberkan bahwa SOP yang telah ditentukan PSSI dan PT LIB akan menjadi kiblat untuk protokol kesehatan cabor bola basket.

Tak hanya itu, SOP juga akan menjadi standar seluruh cabor lain yang ada di Indonesia.

"SOP yang sudah dibuat PSSI dan PT LIB akan menjadi standar untuk seluruh cabang-cabang olahraga," ujar pria kelahiran Gorontalo itu.

"Secara khusus ditujukan kepada cabor yang akan menggelar kompetisi dan ingin mendapat izin kepolisian.:

"Selasa, kami dengan IBL dan Perbasi akan melakukan pertemuan."



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X