Olimpiade Tokyo, Ini Syarat Bisa Berlaga di Cabang Olahraga Dayung

Kompas.com - 09/01/2021, 10:05 WIB
Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diperkenalkan kepada publik. DOK. ReutersMedali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diperkenalkan kepada publik.

BEIJING, KOMPAS.com - Sebagai cabang olahraga yang terdaftar di Olimpiade Tokyo pada 2021, dayung punya persyaratan khusus.

"Kami harus melalui Kejuaraan Dunia Dayung di Shanghai tahun ini," kata atlet dayung China Zhang Liang.

Sebagaimana diketahui, Zhang Liang adalah pemegang rekor dunia cabang ini.

Sebagaimana olahraga air yakni selam dan kano, dayung juga sudah menggelar latihan intensif.

Baca juga: Olimpiade Tokyo, Cabor Senam China Incar Target Ini

Olahraga menyelam memusatkan latihan di Beijing.

Sementara, para atlet dayung dan kano berlatih di Danau Qiandao, Provinsi Zhejiang.

Berlatih sepanjang Januari bagi para atlet olahraga air adalah tantangan.

Atlet dayung nomor canoe Yuda Firmansyah berlatih dalam Pelatnas Dayung di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (16/6/2020). Adaptasi dengan keadaan yang berubah selama pandemi ditempuh para atlet dari sejumlah cabang olahraga, salah satunya latihan mandiri di rumah masing-masing, hingga latihan bersama pelatih via konferensi video.ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Atlet dayung nomor canoe Yuda Firmansyah berlatih dalam Pelatnas Dayung di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (16/6/2020). Adaptasi dengan keadaan yang berubah selama pandemi ditempuh para atlet dari sejumlah cabang olahraga, salah satunya latihan mandiri di rumah masing-masing, hingga latihan bersama pelatih via konferensi video.

Pasalnya, suhu udara hanya di posisi 10 derajat Celcius.

Itu berarti, para atlet mesti berhadapan dengan hawa dingin.

Para atlet tetap berlatih setiap hari dengan penuh semangat.

Ada latihan khusus di darat maupun di air.

"Kami punya jadwal latihan ketat yang menuntut kami berlatih dalam cuaca dingin untuk mendapatkan kekuatan memulai laga nanti," pungkas Zhang Liang.



Sumber Xinhuanet
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X