Tanggapan Menpora Terkait Pembatalan Piala Dunia U20 2021

Kompas.com - 25/12/2020, 11:39 WIB
Logo Piala Dunia U20 2021 DOK PSSILogo Piala Dunia U20 2021

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora) RI memberikan tanggapan terkait dibatalkannya Piala Dunia U20 yang akan berlangsung di Indonesia pada 2021.

Sebelumnya, FIFA telah memberikan keputusan terkait pembatalan pagelaran Piala Dunia U20 karena pandemi Covid-19 yang tak kunjung membaik termasuk di Tanah Air, Kamis (24/12/2020) malam WIB.

Menpora RI, Zainudin Amali, sangat menerima dan menghormati keputusan FIFA, yang menurutnya tepat mengingat pandemi Covid-19 hingga kini memang masih sangat mengkhawatirkan.

"Pemerintah memahami sepenuhnya keputusan FIFA tersebut, dengan alasan adanya penyebaran pandemi Covid-19 yang masih berkembang hampir merata di seluruh penjuru dunia," kata Zainudin Amali melalui rilis resmi yang diterima KOMPAS.com, Jumat (25/12/2020).

Baca juga: BREAKING NEWS, FIFA Resmi Tunda Piala Dunia U20 2021 hingga 2023

"Selain itu, pemerintah juga sangat menghormati FIFA karena sebelum keputusan tersebut diambil telah terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek dan sangat mengapresiasi kesungguhan Pemerintah Indonesia bersama PSSI sebagai LOC yang telah melakukan berbagai langkah persiapan bagi suksesnya penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U20."

"Untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada PSSI yang telah bekerja sama dengan Pemerintah (Pusat & daerah) dalam persiapan selama ini."

Pemerintah yang sebelumnya tengah melakukan persiapan dengan membenahi infrastruktur dan stadion akan segera mengadakan rapat koordinasi untuk memberikan pengarahan soal kelanjutan pembangunan tersebut.

Baca juga: Respons PSSI Usai FIFA Undur Jadwal Piala Dunia U20 2021

Selain itu, rapat tersebut juga dilakukan guna membahas persiapan timnas yang tentunya akan mengalami perubahan karena Piala Dunia U20 edisi terdekat akan dilakukan pada 2023.

"Semalam saya telah melaporkan keputusan FIFA tersebut kepada Menko PMK (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia), baik unsur Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta PSSI," lanjutnya.

"Langkah terdekat yang segera akan dilakukan adalah mengadakan rapat koordinasi pada awal minggu depan yang akan dipimpin langsung oleh Menko PMK & akan mengundang semua pihak terkait," ujarnya."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X