Kompas.com - 24/12/2020, 23:23 WIB
Logo Piala Dunia U20 2021 DOK PSSILogo Piala Dunia U20 2021

KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah resmi mengumumkan gelaran Piala Dunia U20 2021 dibatalkan.

Pengumuman tersebut terbit di laman resmi FIFA pada Kamis (24/12/2020) malam WIB.

Sebagai gantinya, FIFA akan menggelar Piala Dunia U20 pada tahun 2023 nanti di Indonesia.

FIFA juga menjanjikan Indonesia tetap menjadi tuan rumah gelaran sepak bola paling akbar kategori U20 tersebut.

Laman resmi FIFA menyebutkan, pandemi virus corona menjadi dasar utama dalam keputusan untuk memundurkan jadwal dari semestinya.

Baca juga: Keyakinan Shin Tae-yong Sertai Langkah Timnas U19 Indonesia di Spanyol

Berikut pernyataan Federasi Sepak Bola Dunia:

Akibat pandemi COVID-19, Biro Dewan FIFA telah memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia FIFA U20 putra dan Piala Dunia U17 edisi 2021 putra, serta menunjuk Indonesia dan Peru, masing-masing dari mereka yang terpilih sebagai tuan rumah turnamen pada 2021, menjadi tuan rumah edisi 2023.

Pandemi Covid-19 terus menghadirkan tantangan bagi penyelenggara acara olahraga internasional dan memiliki efek membatasi pada perjalanan internasional.

Oleh karena itu, FIFA secara teratur berkonsultasi dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk asosiasi anggota tuan rumah serta konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen yang semula dijadwalkan berlangsung pada tahun 2021.

Baca juga: Daftar 30 Pemain Timnas U19 Pilihan Shin Tae-yong ke Spanyol, 3 Berkarier di Luar Negeri

Dengan demikian, menjadi jelas bahwa situasi global telah gagal untuk normal kembali ke tingkat yang memadai guna mengatasi tantangan yang terkait dengan penyelenggaraan kedua turnamen, termasuk kelayakan jalur kualifikasi yang relevan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X