Koran Spanyol Minta Maaf kepada Wonderkid Barcelona Ansu Fati karena Berita Rasis

Kompas.com - 23/10/2020, 11:20 WIB
Penyerang Barcelona, Ansu Fati, merayakan golnya seusai mencetak gol dalam pertandingan Liga Champions melawan Ferencvarosi di Camp Nou, Selasa (20/10/2020). LLUIS GENE/AFPPenyerang Barcelona, Ansu Fati, merayakan golnya seusai mencetak gol dalam pertandingan Liga Champions melawan Ferencvarosi di Camp Nou, Selasa (20/10/2020).

KOMPAS.comKoran asal Spanyol, ABC, telah meminta maaf kepada wonderkid Barcelona, Ansu Fati.

ABC meminta maaf karena membandingkan kecepatan lari Ansu Fati dengan seorang pedagang berkulit hitam.

"Ansu dalam kecepatan penuh, semacam rusa gazelle pada dirinya, seperti seorang pedagang jalanan berkulit hitam yang masih muda dan tiba-tiba Anda lihat berlari di sepanjang Paseo de Gracia ketika seseorang meneriakkan ,'air, air', untuk memperingatkan penjual jalanan lain bahwa polisi setempat telah tiba," tulis ABC.

Baca juga: Dari Ansu Fati hingga Vinicius Jr, Masa Depan El Clasico Cerah!

ABC menulis demikian saat melaporkan laga Barcelona vs Ferencvaros pada fase grup Liga Champions, Rabu (21/10/2020), di mana Ansu Fati mencetak satu gol pada partai tersebut.

Kini, ABC lewat penulis berita tersebut, Salvador Sostres, telah meminta maaf.

"Saat saya berusaha menonjolkan gerakan Ansu, dan performa berkelasnya sebagai pemain muda, beberapa ekspresi ditafsirkan sebagai diskriminasi rasial," tulis Sostres lewat laman ABC, sebagaimana dilansir dari ESPN.

"Itu tidak bisa jauh dari niat, atau pendapat saya, yang sangat mendukung pemain. Seperti yang selalu saya ungkapkan dalam laporan pertandingan sejak dia (Ansu Fati) melakukan debut."

"Saya sangat meminta maaf atas kesalahpahaman dan kepada mereka yang mungkin tersinggung," pungkas Sostres.

Baca juga: Barcelona Vs Madrid, 8 Pemain Barca Berpeluang Debut di El Clasico

Rekan setim Ansu Fati di Barca, Antoine Griezmann ikut membela pemain berusia 17 tahun tersebut.

"Ansu adalah pemain luar biasa yang pantas dihormati seperti manusia lainnya. Tidak untuk rasisme dan tidak untuk diperlakukan buruk," cuit Griezmann di Twitter.



Sumber ESPN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X