Dugaan Pihak di Balik Layar Kisruh Shin Tae-yong dengan PSSI

Kompas.com - 24/06/2020, 11:40 WIB
Shin Tae-yong (kanan) saat diperkenalkan menjadi pelatih baru timnas Indonesia bersama Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan (tengah) di Stadion Pakansari, Sabtu 28 Desember 2019. M. Hafidz ImaduddinShin Tae-yong (kanan) saat diperkenalkan menjadi pelatih baru timnas Indonesia bersama Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan (tengah) di Stadion Pakansari, Sabtu 28 Desember 2019.
|

KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia ( APSSI), Yeyen Tumena mencurigai adanya orang di belakang layar yang membesar-besarkan kisruh antara Shin Tae-yong dengan PSSI.

Kecurigaan Yeyen Tumena itu berdasarkan sikap Shin Tae-yong yang berani mengumbar keburukan PSSI ke media massa.

Yeyen menduga bila ada kelompok atau individu yang punya kepentingan mendorong Shin Tae-yong untuk mengatakan hal kurang baik kepada PSSI.

Pasalnya Shin Tae-yong baru enam bulan melatih timnas, dan belum fasih berbahasa Indonesia.

Baca juga: Shin Tae-yong Dibutuhkan untuk Revolusi Mental Pemain

Yeyen menduga bila pernyataan yang dilontarkan Shin Tae-yong itu bukan sepenuhnya berasal dari pemikiran pelaith timnas Indonesia itu.

Apalagi, komentar yang ia utarakan pertama kali dimuat di media Korea Selatan, sehingga ketika beritanya masuk ke Indonesia bisa terjadi sedikit salah persepsi.

Yeyen merasa khawatir bila Shin Tae-yong harus mengkritik PSSI tanpa tahu maksud dari komentarnya tersebut.

“Saya kok melihat ada yang aneh. Jangan-jangan STY mendapatkan masukan yang tidak benar dalam situasi ini,” ujar Yeyen dalam rilis yang diterima Kompas.com (24/6/2020).

Baca juga: Shin Tae-yong Dibutuhkan untuk Revolusi Mental Pemain

“Kasihan dia. Mungkin saja ada permainan agen atau orang di balik layar. Tak bisa dipungkiri, STY belum fasih berbahasa Indonesia dan saat ini dia jauh dari kita,”

Meski mencurigai adanya orang yang menginginkan kisruh antara Shin Tae-yong dan PSSI terjadi, Yeyen tetap menyayangkan sikap pelatih timnas Indonesia itu.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X