Eks Pelatih: Setelah Mengalahkan Joshua, Andy Ruiz Jr Jadi Orang Berbeda

Kompas.com - 16/05/2020, 14:10 WIB
Andy Ruiz Jr Andy Ruiz Jr

KOMPAS.com - Mantan pelatih Andy Ruiz Jr, Manny Robles, mengatakan bahwa petinju asal Meksiko itu kurang merasa "lapar" setelah memenangi duel pertama kontra Anthony Joshua pada Juni 2019.

Andy Ruiz Jr menjadi juara dunia tinju kelas berat pertama asal Meksiko setelah menang TKO atas Anthony Joshua di Madison Square Garden pada 1 Juni 2019.

The Destroyer menjatuhkan Joshua empat kali sebelum dinyatakan menang pada ronde ketujuh.

Kemenangan tersebut adalah salah satu kejutan terbesar sepanjang sejarah tinju kelas berat dan membuat Ruiz merebut Sabuk Juara versi IBF, WBA (Super), WBO, dan IBO dari tangan petarung asal inggris tersebut.

Baca juga: Andy Ruiz Jr Dianggap Masih Bisa Jadi Juara Dunia Lagi

Namun, kemenangan tersebut membuat Andy Ruiz Jr seperti lupa menginjak bumi.

Banyak yang menyoroti gaya hidup mewah Andy Ruiz Jr setelah mendapat uang hadiah 7 juta dolar dari pertarungan tersebut plus gaya hidup selebritas yang ia jalani seusai laga.

Andy Ruiz Jr bahkan sampai diundang bertemu Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Abrador, di Istana Kepresidenan.

Kini, mantan pelatih Andy Ruiz Jr, Manny Robles, mengatakan kalau sang petarung sudah "tak lapar lagi" jelang pertarungan kedua yang berlangsung pada Desember 2019.

"Saya selalu mendoakan Andy yang terbaik. Intinya adalah semua tergantung kepada petarung itu sendiri dan seberapa lapar ia menginginkannya," tutur Robles seperti dikutip dari BoxingScene.com.

"Semua ini tergantung ke akuntabilitas dari sang petarung sendiri. Kami sebagai pelatih bisa mempersiapkan mereka, melatih mereka, dan menyiapkan mental serta fisik mereka. Namun, kami bisa apa jika petarung itu tak ingin berada di sana? Seorang petarung harus lapar dan Andy harus melakukans egalanya untuk menjadi penantang lagi," lanjut Robles.

Baca juga: Presiden UFC Tak Tega Lihat Kondisi Tony Ferguson

"Saya bilang sebelum pertarungan bulan Juni bahwa ia punya yang dibutuhkan untuk menjadi seorang juara dunia. Ketika itu tak ada yang percaya, tetapi saya tidak salah. Sayang, setelah 1 Juni semua berubah, dalam waktu semalam ia menjadi orang berbeda."

Andy Ruiz Jr berpisah dengan Manny Robles beberapa pekan kemudian. Akhir-akhir ini, Ruiz Jr mengumumkan bahwa ia telah menyewa Eddy Reynoso sebagai pelatih.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X