Sekolah di Liverpool dan Asal-usul Warna Biru-Merah di Jersey Barcelona

Kompas.com - 28/04/2020, 15:20 WIB
Lionel Messi mencetak gol pada laga Barcelona vs Real Sociedad dalam lanjutan jornada ke-27 Liga Spanyol. AFP/LLUIS GENELionel Messi mencetak gol pada laga Barcelona vs Real Sociedad dalam lanjutan jornada ke-27 Liga Spanyol.

KOMPAS.com - Warna biru-merah telah menjadi identitas Barcelona. Kedua warna tersebut bahkan digunakan di jersey kandang.

Biru dan merah juga menjadi latar belakang julukan Blaugrana bagi Barcelona.

'Blau' dalam bahasa Catalan berarti biru, sementara 'grana' berarti merah.

Ada beberapa teori berlawanan, mengapa Barcelona menggunakan pola garis biru-merah dalam sejarah klub - dan hanya beberapa pengecualian, seperti jersey kandang musim 2019-2020 dengan pola kotak-kotak, tetapi masih menggunakan warna tradisional tersebut.

Salah satu teori yang sejalan dengan sejarah klub ialah warna biru dan merah dipilih dalam sebuah rapat para anggota klub pada Desember 1899.

Baca juga: Barcelona Era Johan Cruyff Mengubah Cara Pandang Setien terhadap Sepak Bola

Itu adalah rapat kedua setelah klub didirikan beberapa pekan sebelumnya.

Sejarahnya adalah ketika Witty bersaudara - Arthur dan Ernest, yang keduanya memiliki kontribusi besar bagi klub pada tahun-tahun pertama klub berdiri - mengajukan klub menggunakan garis biru dan merah.

Hal ini sama dengan warna kostum tim rugby Merchant Taylors, sekolah mereka di Crosby, sebuah daerah di pinggiran Liverpool, Inggris.

Setelah itu, Hans Max Gamper atau biasa dikenal dengan Joan Gamper, yang mendirikan klub, menyetujui ide tersebut.

Hal ini karena sebelumnya ia telah mengenakan dua warna tersebut ketika bermain di FC Basel.

Halaman:


Sumber La Liga
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X