Indra Sjafri: Pelatih Asing Bisa Anggap Pemain Indonesia Tak Berkualitas

Kompas.com - 26/04/2020, 03:30 WIB
Pelatih timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri. KOMPAS.COM/GARRY ANDREW LOTULUNGPelatih timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri.

KOMPAS.comIndra Sjafri mengingatkan agar jangan sampai pemain Indonesia dianggap tak memiliki kualitas oleh pelatih asing.

Hal itu disampaikan Indra Sjafri dalam wawancara dengan Kompas.com, Sabtu (24/4/2020).

Indra Sjafri mengikuti siaran langsung Instagram yang diadakan Kompas.com dengan tema “Semangat Menolak Menyerah”.

Dalam acara tersebut, Indra Sjafri bercerita tentang perjalanan kariernya mulai dari saat menjabat pelatih timnas U23 Indonesia hingga menduduki posisi Direktur Teknik PSSI.

Baca juga: Timnas Indonesia Era Luis Milla Buat Kagum Indra Sjafri

Indra Sjafri kemudian memberikan penjelasan terkait kebutuhan pemain Indonesia untuk mendapatkan pelatih yang memiliki kompetensi.

Menurutnya, pemain Indonesia akan lebih berkembang jika dilatih pelatih lokal yang mengerti kultur sepak bola dalam negeri.

“Indonesia masih butuh banyak pelatih (dalam negeri), terutama yang mempunyai integritas, kualitas, dan pemahaman soal sepak bola Indonesia,” ujar Indra Sjafri saat diwawancara Kompas.com.

“Jika lebih banyak pelatih asing yang masuk ke Indonesia, itu sama saja dengan orang luar masih meraba-raba (kultur) sepak bola Indonesia.”

Baca juga: Indra Sjafri Ungkap 4 Kelemahan Sepak Bola Indonesia

“Akhirnya yang terjadi, pelatih luar negeri justru melakukan pembelaan dengan cara mengatakan bahwa pemain Indonesia tak memiliki kualitas,” imbuhnya.

Indra Sjafri juga mengaku tengah berkonsentrasi memperbaiki kualitas pemain Indonesia yang masih di bawah atlet sepak bola profesional.

Halaman:


Sumber Instagram
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X