HUT ke-90 PSSI, Soeratin Sosrosoegondo Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Kompas.com - 19/04/2020, 11:25 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat memberi arahan di rapat luar biasa yang dihadiri pengurus PT LIB serta manajer tim Liga 1 dan Liga 2 di Hotel Fairmount, Senin 16 Maret 2020. DOK. PSSIKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat memberi arahan di rapat luar biasa yang dihadiri pengurus PT LIB serta manajer tim Liga 1 dan Liga 2 di Hotel Fairmount, Senin 16 Maret 2020.

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya akan terus berusaha agar Soeratin Sosrosoegondo dianugerahi gelar pahlawan nasional.

Iriawan menyampaikan usulan tersebut dalam pidatonya menyambut HUT ke-90 yang jatuh pada hari ini, Minggu (19/4/2020).

Dalam pidato tersebut, Iriawan mengajak seluruh pecinta sepak bola Indonesia untuk mengenang jasa para pahlawan, salah satunya adalah Soeratin Sosrosoegondo.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, Soeratin yang merupakan pendiri PSSI memiliki jasa besar terhadap sepak bola Indonesia.

Baca juga: PSSI Jawab Kritikan Warganet soal Jersey Timnas Indonesia

"Segala hormat dan doa kita sampaikan kepada Allah SWT untuk para pahlawan sepak bola yang telah berpulang mendahului kita, terutama almarhum Soeratin Sosrosoegondo," kata Iriawan dalam pidatonya.

"Kami akan terus berjuang, agar almarhum Bapak Soeratin bisa memperoleh anugerah sebagai pahlawan nasional, atas seluruh jasanya membuat sepak bola sebagai alat pemersatu bangsa di era pergerakan menuju kemerdekaan," sambungnya.

Soeratin Sosrosoegondo merupakan ketua umum pertama PSSI pada masa-masa awal berdirinya organisasi tersebut.

Pria kelahiran Yogyakarta, 17 Desember 1898 itu menjabat sebagai ketua umum PSSI selama 10 tahun, sejak 1930-1940.

Baca juga: Bantu Perangi Corona, PSSI dan Mills Sumbang 1.000 APD untuk Petugas Medis

Selain ketua umum pertama, Soeratin juga merupakan salah satu tokoh pendiri PSSI.

PSSI terbentuk pada 19 April 1930 setelah tokoh-tokoh dari sejumlah organisasi sepak bola Tanah Air berkumpul di Yogyakarta.

Halaman:

Sumber PSSI
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X