Saat Negaranya Cari Utang, Putra Mahkota Arab Saudi Beli Klub Liga Inggris

Kompas.com - 19/04/2020, 10:50 WIB
Para pemain Newcastle United merayak gol ke gawang Manchester City di ajang Liga Inggris, Selasa (29/1/2019). AFPPara pemain Newcastle United merayak gol ke gawang Manchester City di ajang Liga Inggris, Selasa (29/1/2019).

KOMPAS.com - Klub Liga Inggris, Newcastle United, memiliki pemimpin baru. Dia adalah seorang wanita, Amanda Staveley dari perusahaan induk PCP Capital Partners.

Sebelum mengakusisi Newcastle United, PCP Capital Partners bekerja sama dengan induk perusahaan milik Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, yakni Dana Investasi Publik (PIF).

Mohammed bin Salman diperkirakan menguasai 80 persen saham The Magpies, julukan Newcastle, dengan 20 persen sisanya dibagi rata oleh Amanda Staveley dan David dan Simon Reuben.

Newcastle dibeli dengan nilai yang ditaksir sekitar 300 juta poundsterling atau sekitar RP 5,8 triliun.

Baca juga: Newcastle United Incar Massimiliano Allegri

Angka tersebut menurun dari harga sebelumnya yang ditawarkan sebesar 340 juta poundsterling atau sekitar Rp 6,9 triliun.

Melansir Antara News, pembelian tersebut telah disetujui di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 pada Sabtu (18/4/2020).

Pembelian itu sekaligus mengakhiri kepemimpinan era Mike Ashley yang telah berlangsung selama 13 tahun.

Mantan pemilik Newcastle, Sir John Hall, mengharapkan pembelian ini bakal mengawali masa-masa yang lebih baik untuk The Magpies.

"Saya ingin melihat pemilik baru tidak cuma mengguyur uang ke klub itu dalam cara yang tidak bertanggung jawab," kata Sir John Hall dikutip Antara News dari Sky Sports.

Baca juga: Siapkan Rp 6,8 Triliun, Putra Mahkota Arab Saudi Bakal Beli Klub Liga Inggris

"Tetapi, membangun kembali klub sepak bola secara layak," jelas Sir John Hall melanjutkan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X