Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Asing Tak Mengenal Martunis sebagai Anak Angkat Cristiano Ronaldo

Kompas.com - 16/04/2020, 08:45 WIB
Angga Setiawan,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketimbang anak angkat Cristiano Ronaldo, media asing lebih mengenal Martunis sebagai sosok penyintas dalam tragedi tsunami Aceh 2004 silam.

Nama Martunis belakangan mencuat ke permukaan setelah mendapat perhatian dengan berbagai kegiatannya pada awal tahun 2020.

Martunis resmi melangsungkan pernikahan di tengah wabah virus corona, Selasa (31/2/2020).

Momen tersebut menjadi viral lantaran banyak dari masyarakat Indonesia berharap Cristiano Ronaldo bisa hadir di acara Martunis, walau akhirnya tidak terwujud.

Setelah viral dengan momen pernikahannya, Martunis kembali membuat kejutan dengan acara lelang jersey Cristiano Ronaldo semasa di Real Madrid.

Baca juga: Masalah Nasib Bikin Barcelona Sulit Saingi Real Madrid di Liga Champions

Seluruh uang dari hasil lelang kaus bola yang dilakukan Martunis rencananya digunakan untuk membantu warga Banda Aceh yang kesulitan memperoleh penghasilan.

Martunis memang memiliki kedekatan dengan Cristiano Ronaldo. Pasalnya, Martunis merupakan korban selamat dari tragedi tsunami Aceh 2004 silam.

Namanya dikenal kala itu setelah fotonya yang tersebar di berbagai media mengenakan jersey sepak bola timnas Portugal dengan nomor punggung 10 milik Rui Costa.

Foto tersebut mendapat simpati dari Cristiano Ronaldo yang kemudian menyempatkan menemui Martunis di Aceh dan mengadopsinya sebagai anak angkat.

Setelah 16 tahun berlalu, Martunis masih lekat dikenal orang Indonesia sebagai anak angkat dari bintang Juventus itu.

Namun, media asing masih mengenalnya sebagai penyintas tragedi tsunami Aceh 2004.

Baca juga: Kilas Balik 2004, Kala Martunis Diangkat Jadi Anak Angkat oleh Cristiano Ronaldo

Sebagai contoh, salah satu media Inggris, The Sun, memberitakan bahwa Cristiano Ronaldo berkesempatan mengunjungi Indonesia setelah mendapat undangan dari Martunis di acara pernikahannya.

Dalam pemberitaannya, The Sun menulis artikel dengan judul "Cristiano Ronaldo diundang ke pernikahan penyintas tsunami (2004) setelah menjadi Inpirasi di hidupnya dan membiayai pendidikannya".

Disebutkan dalam isi pemberitaan tersebut bahwa Martunis sebagai penyintas tsunami Aceh 2004, bukan anak angkat Cristiano Ronaldo.

“Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, berkesempatan mengunjungi Indonesia kembali usai mendapat undangan dari penyintas tsunami (2004), Martunis,” tulis penggalan kalimat dari artikel The Sun, seperti dikutip Kompas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com