Kualifikasi Olimpiade untuk Cabang Atletik Ditunda Hingga Akhir 2020

Kompas.com - 09/04/2020, 18:20 WIB
Braima Dabo menuntun Jonathan Busby hingga bisa menyelesaikan balapan lari 5.000 meter putra pada Kejuaraan Dunia Atletik 2019 di Doha, 27 September 2019. AFP/KIRILL KUDRYAVTSEVBraima Dabo menuntun Jonathan Busby hingga bisa menyelesaikan balapan lari 5.000 meter putra pada Kejuaraan Dunia Atletik 2019 di Doha, 27 September 2019.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Kualifikasi Olimpiade Tokyo untuk cabang olahraga atletik ditunda hingga akhir 2020.

Federasi Atletik Dunia (International Association of Athletics Federations/IAAF) memutuskan menunda ajang kualifikasi karena pandemi virus Corona alias Covid-19.

Selain faktor keselamatan dan kesehatan, keputusan untuk menunda kualifikasi juga mempertimbangkan waktu pelaksanaan Olimpiade Tokyo.

Olimpiade Tokyo sudah diputuskan diundur sampai ke musim panas 2021.

"Selama periode ini, hasil yang dicapai pada kompetisi apa pun tidak akan dipertimbangkan untuk standar masuk Tokyo 2020 atau peringkat dunia," kata World Athletics, dilansir Bolasport.com dari Reuters.

Kualifikasi Olimpiade akan dimulai lagi pada 1 Desember 2020 dengan mempertimbangkan situasi global yang berangsur normal dan dilanjutkan hingga akhir Mei 2021 untuk lomba lari marathon serta jalan cepat 50 kilometer atau sampai Juni 2021 untuk seluruh disiplin atletik lainnya.

Dengan demikian, durasi periode kualifikasi yang dimulai sejak tahun lalu akan berlangsug empat bulan lebih lama dari jadwal semula.

Baca juga: Maria Londa: Bob Hasan adalah Bapak Atletik Indonesia

Sementara itu, hasil kompetisi akan terus direkam demi keperluan statistik, termasuk untuk rekor dunia.

Presiden IAAF, Sebastian Coe, mengatakan bahwa keputusan tersebut memberi lebih banyak kepastian untuk perencanaan dan persiapan atlet.

"Hal itu juga menjadi cara terbaik untuk mengatasi keadilan dalam apa yang diharapkan sebagai penyampaian peluang kompetisi yang tidak merata di seluruh dunia," ujar dia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X