Kilas Balik Persib, Michael Essien Jadi Tukang Kebun hingga Sopir Bus

Kompas.com - 01/04/2020, 11:40 WIB
Gelandang Persib Bandung, Michael Essien, saat melawan Sriwijaya FC di Piala Presiden 2018, Selasa (16/1/2018).
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/BOLASPORT.COMGelandang Persib Bandung, Michael Essien, saat melawan Sriwijaya FC di Piala Presiden 2018, Selasa (16/1/2018).

KOMPAS.com - Pada gelaran Liga 1 2017, Persib Bandung mengejutkan pencinta sepak bola Indonesia bahkan dunia dengan merekrut eks gelandang Chelsea dan AC Milan, Michael Essien.

Kala itu, dalam Liga 1 2017 terdapat regulasi marquee player, di mana klub diperbolehkan merekrut satu pemain berbintang yang pernah bermain di level klub top Eropa.

Tiga tahun berjalan, Essien kembali menjadi perbincangan Bobotoh, suporter Persib, di dunia maya, tepatnya platform Twitter.

Pasalnya, Persib terdaftar dalam sebuah kompetisi klub terbaik dengan jumlah dukungan terbanyak di Twitter.

Baca juga: Isolasi Mandiri, Dokter Tim Umpamakan Pemain Persib ODP Virus Corona

Kompetisi tersebut dibuat oleh San Bass Media, sebuah akun peneliti sosial media. Cara mainnya, klub dengan vote, retweet, dan reply terbanyak akan melaju ke babak selanjutnya.

Adapun peserta terdiri dari 64 klub di dunia. Wakil Indonesia ada Persib Bandung dan Persija Jakarta. Klub terakhir yang disebut gugur di babak 64 besar. Macan Kemayoran kalah dari wakil Brasil, Flamengo.

Sementara Persib tembus ke babak 32 besar setelah mengalahkan tim asal Meksiko, Chivas.

Pada babak 32 besar, Persib bertemu dengan wakil Brasil, Vasco da Gama.

Bersamaan dengan itu, foto Essien bermunculan untuk membandingkan hebatnya Persib dengan klub lawan, Vasco da Gama (Brasil).

Baca juga: Pemain Persib Wajib Setor Video Saat Lakoni Latihan Mandiri

Foto tersebut bertujuan untuk menurunkan motivasi lawan, tetapi dengan cara sindiran dengan mengomentari kicauan @SanBassMedia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X