Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, Perbakin Akan Ubah Peruntukan Anggaran

Kompas.com - 27/03/2020, 23:20 WIB
PB Perbakin sendiri mendukung jika digelar ujicoba lanjutan di competition venue JSC. PB Perbakin sendiri mendukung jika digelar ujicoba lanjutan di competition venue JSC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) mengusulkan perubahan peruntukan anggaran pelatnas.

Usulan itu disampaikan setelah Olimpiade Tokyo 2020 diundur ke 2021.

Penundaan Olimpiade juga diikuti sejumlah penundaan ajang besar yang menjadi kualifikasi menuju pesta olahraga akbar empat tahunan itu.

Dikutip dari Antaranews.com, PB Perbakin mendapat alokasi anggaran dengan nilai Rp 7,9 miliar dari Kemenpora.

"Setelah pengumuman resmi dari IOC tentang penundaan Olimpiade Tokyo, PB Perbakin juga dapat pemberitahuan melalui email dari Federasi Olahraga Menembak Internasional (ISSF) dan panitia penyelenggaraan ajang menembak internasional," kata Sekjen PB Perbakin, Firtian Yudiswandarta, dalam keterangan resmi, Kamis (26/3/2020).

"Makanya, PB Perbakin langsung berkoordinasi dengan pelatih dan Tim Pelatnas Menembak serta konsultasi dengan pihak Kemenpora untuk merancang perubahan peruntukan anggaran pelatnas Olimpiade Tokyo 2020," ujar dia.

Semula PB Perbakin menerima anggaran Pelatnas Menembak Olimpiade dari Kemenpora sebesar Rp 7,9 miliar yang dialokasikan untuk dana uji coba, training camp (TC), dan keikutsertaan pada berbagai ajang internasional.

Baca juga: PB Perbakin Jalin Kerja Sama dengan Timor Leste

Namun, rencana itu tidak bisa direaliasasikan sehubungan dengan penyebaran virus Corona yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

"Ternyata penyebaran Covid-19 itu lebih cepat daripada program yang sudah direncanakan. Makanya, kita akan formulasikan ulang penggunaan anggaran tersebut," tegasnya.

Rencananya, anggaran sebesar Rp 7,9 miliar itu tidak hanya dialokasikan untuk pelatnas Olimpiade Tokyo saja, tetapi juga untuk biaya Pelatnas SEA Games Vietnam 2021 sekaligus Olympic Youth Games di Senegal tahun 2022.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X