Putaran Kedua Proliga 2020, Tim Peserta Wajib Miliki Pemain Asing

Kompas.com - 28/02/2020, 15:54 WIB
Launching sebelum putaran kedua Proliga 2020 digelar di Gresik, 28 Februari hingga 1 Maret 2020. KOMPAS.com / HAMZAH ARFAHLaunching sebelum putaran kedua Proliga 2020 digelar di Gresik, 28 Februari hingga 1 Maret 2020.

GRESIK, KOMPAS.com - Lanjutan gelaran Proliga 2020 bakal kembali berlangsung.

Setelah diliburkan selama tiga pekan seusai putaran pertama, persaingan tim-tim kontestan akan kembali panas di putaran kedua yang diawali seri Gresik mulai 28 Februari hingga 1 Maret 2020 di GOR Tri Dharma, Kompleks Petrokimia Gresik.

Aturan pun dibuat oleh pihak penyelenggara, dengan tim peserta Proliga 2020, baik kategori putra maupun putri, diwajibkan untuk diperkuat minimal satu pemain asing pada putaran kedua ini.

Adapun tim kontestan juga dapat dan diperbolehkan mengganti komposisi pemain asing mereka dari putaran pertama, meskipun yang diperbolehkan hanya mengganti satu pemain asing dari komposisi pemain saat melakoni putaran pertama lalu.

Baca juga: Simak, Jadwal Proliga 2020 Putaran Kedua

Sementara itu, untuk pemain lokal, setiap tim kontestan hanya diperbolehkan mengganti dua orang pemain.

Bila tidak melakukan pergantian pemain asing, tim tersebut diperbolehkan mengganti tiga pemain lokal yang dimiliki.

"Putaran kedua hingga final, tidak ada lagi pergantian pemain. Kalau pelatih silakan saja. Namun, itu pun tidak diperbolehkan pelatih dari tim yang menjadi peserta pindah ke tim lainnya," ujar Direktur Proliga Hanny S Surkatty, Kamis (27/2/2020).

Sama seperti pelaksanaan edisi sebelumnya, pemain asing yang boleh diturunkan dalam gelaran Proliga 2020 tentunya yang sudah mengantongi Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) dari Dirjen Imigrasi serta ITC (International Transfer Certificate) yang dikeluarkan FIVB (Federation Internationale de Volleyball).

Baca juga: Proliga 2020, Tim Putra dan Putri Jakarta Pertamina Energi Sapu Bersih Seri Purwokerto

"Sebab, tanpa Kitas dan ITC, pemain asing tidak diperkenankan tampil. Kalau pelatih asing, cukup Kitas saja," ucap dia.

Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jawa Timur bakal bertindak sebagai tuan rumah dalam seri ini, yang sebelumnya tidak diperkuat pemain asing di putaran pertama.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X