Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BCL Asia 2024, Suhu Minus Menanti Prawira Bandung, Antonio Hester Punya Kiat Main di Mongolia

KOMPAS.com - Prawira Harum Bandung akan menjalani pertandingan pertama Kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 di Mongolia. 

Tergabung di Grup A, pada gim pertama Prawira Bandung akan menghadapi tuan rumah Bishrelt Metal, pada Rabu (3/4/2024) di UG Arena, Ulaanbaatar, Mongolia. 

Prawira Bandung menjadi salah satu wakil Indonesia di Kualifikasi BCL Asia 2024 selain Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang musim lalu tampil di final kompetisi domestik Indonesia Basketball League (IBL) 2023. 

Cuaca akan menjadi tantangan besar bagi Prawira Bandung. Karena, suhu Mongolia sangat dingin, bisa mencapai -6 atau -1 derajat.

Nico Donnda asisten pelatih Prawira mengutarakan bahwa cuaca adalah salah satu aspek yang paling sulit dikuasai. 

“Terus terang itu hal yang mungkin paling susah untuk kami kuasai.  Perkiraan di tanggal (Prawira bermain) akan -6 atau -1,“ kata Donnda. 

“Kami punya dua hari untuk adaptasi dengan cuaca, tapi menurut pengalaman saya, jauh lebih mudah main di tempat yang agak dingin ketimbang di tempat yang agak panas,” ucapnya menerangkan.

Prawira Bandung akan sedikit terbantu oleh keberadaan penghangat suhu ruangan.

“Cuaca di luar yang agak ekstrem, tapi di pertandingan, mereka punya gedung yang canggih bisa diatur di suhu normal,” tutur Donnda lagi. 

Sementara itu,pelatih kepala Prawira, David Singleton, menilai udara dingin Bandung cukup membantu pemainnya dalam melakukan aklimatisasi cuaca.

Dave, sapaan akrabnya, siap membawa Prawira bersaing dengan lawan-lawan di Grup A dan ikut mengharumkan nama Indonesia di kancah bola basket internasional. 

"Saya kira, Bandung sudah dingin, perbedaannya mungkin sedikit dengan di Mongolia. Jadi, kami tidak akan punya masalah dan siap bersaing dengan lawan-lawan di Grup A," kata Dave.

Antonio Hester pemain asing yang dimiliki Prawira mengungkapkan bagaimna timnya harus bertindak dalam pertandingan pembuka nanti melawan tuan rumah Bishrelt Metal. 

Pemain asal Amerika Serikat ini pernah bermain di kompetisi bola basket Mongolia. Menurutnya Prawira harus tampil lebih agresif daripada lawan. 

“Saya pernah bermain di Mongolia dan sebenarnya pernah menghadapi mereka. Saat itu, saya tampil dengan cukup baik,” kata Hester.  

“Saya sudah mengatakan kepada teman-teman, ini soal siapa duluan yang tampil dengan agresif. Di Liga seperti ini, Anda bermain di sini dan harus menunjukkan hal itu dan itu cukup untuk menentukan siapa yang akan memenangi pertandingan,” ujarnya. 

Selain menghadapi Bishrelt Metal (Mongolia) di Grup A, Prawira juga akan melawan Hong Kong Eastern (Hong Kong), dan NS Matrix (Malaysia).

Tim yang berhasil menjadi juara grup otomatis lolos ke Kualifikasi BCL Asia Ronde 2. Adapun peringkat dua dan tiga, akan bersaing pada qualification games.

Sebanyak dua pemenang qualification games berhak menemani tim juara grup ke Ronde 2. 

Berikut Jadwal Prawira Bandung di Kualifikasi BCL Asia 2024

3 April: Prawira Bandung vs Bishrelt Metal. 

4 April: Hong Kong Eastern vs Prawira Bandung.

6 April: Prawira Bandung vs NS Matrix.

https://www.kompas.com/sports/read/2024/04/02/20300058/bcl-asia-2024-suhu-minus-menanti-prawira-bandung-antonio-hester-punya-kiat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke