Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Angela Lee Ungkap Sebab Sang Adik Meninggal dan Bangun Organisasi untuk Kesehatan Mental

KOMPAS.com - Juara dunia ONE Championship, Angela Lee, mengungkapkan sebab meninggalnya sang adik, Victoria Lee. 

Kepergian Victoria Lee yang masih berusia 18 tahun pada Desember 2022 meninggalkan luka bagi berbagai pihak, terutama keluarganya. 

Melalui sebuah video haru dan emosional, Angela Lee mengabarkan bahwa sang adik mengakhiri hidupnya sendiri. 

Angela mengungkapkan bahwa ia juga sempat mencoba mengambil nyawanya sendiri pada tahun 2017. Kala itu, mobil yang ia kendarai mengalami kecelakaan jalanan. 

Ia dikabarkan kehilangan fokus saat berkendara, sehingga mobilnya terguling. Namun, Angela mengakui hal itu sebenarnya adalah upaya untuk mengakhiri hidupnya. 

Demi mencegah tragedi itu terulang lagi, khususnya bagi para atlet muda, Angela Lee mengemban misi penting guna meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental.

“Sudah enam tahun lamanya dan walau saya sudah bertumbuh dan menyembuhkan diri sejak saat itu, kejadian tersebut masih sulit untuk dipikirkan, terlebih lagi untuk dibicarakan,” ucap Angela Lee dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (20/9/2023). 

“Sebagai penyintas, sulit untuk bergerak maju dan menjalani hidup dengan normal karena tak ada yang benar-benar mengetahui apa yang terjadi,” ujar petarung berusia 27 tahun ini. 

Setelah kepergian Victoria serta perjuangannya melawan isu kesehatan mental, Angela berinisiatif mendirikan organisasi nirlaba bernama Fightstory pada awal tahun ini. 

“Fightstory adalah organisasi non-profit untuk kesehatan mental yang didirikan oleh atlet olahraga tarung bagi para petarung dari berbagai latar belakang untuk berbagi kisah mereka, menginspirasikan harapan, serta membangun komunitas bagi semua agar dapat berhasil dalam perjalanan mental dan fisik mereka," ujar Angela. 

“Kami percaya kisah-kisah ini dapat menyelamatkan hidup," tutur Angela menambahkan. 

Angela menegaskan, Fightstory adalah caranya untuk mengenang Victoria serta kisah hidup sang adik.

Ia berharap Fightstory mampu membangun hal positif dan meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terkait kesehatan mental.

“Fightstory didirikan karena Victoria. Ia adalah sosok yang paling tidak pernah mementingkan diri sendiri yang saya kenal. Ia ingin kepergiannya memiliki arti untuk menyelamatkan nyawa," katanya. 

Luka yang tertinggal akibat kepergian Victoria membuat Angela menepi selama sembilan bulan terakhir. Angela saat ini menyandang sabuk Juara Dunia ONE Championship divisi atomweight.

Di tengah absennya sang juara, laga perebutan gelar Juara Dunia Interim Women’s Atomweight MMA akan mempertemukan Stamp Fairtex dan Ham Seo Hee dalam laga puncak ONE Fight Night 14 pada Sabtu (30/9/2023) di Singapore Indoor Stadium.

Dalam ajang tersebut, Angela akan hadir untuk menjelaskan misinya dalam meningkatkan kesadaran kesehatan mental serta mengumumkan masa depannya sebagai atlet MMA. 

Kontak bantuan

Bunuh diri bisa terjadi di saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu.

Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa simak website Into the Light Indonesia di bawah ini:

https://www.intothelightid.org/tentang-bunuh-diri/hotline-dan-konseling

https://www.kompas.com/sports/read/2023/09/21/09300078/angela-lee-ungkap-sebab-sang-adik-meninggal-dan-bangun-organisasi-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke