Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Man City ke Final Liga Champions Usai Singkirkan Real Madrid, Guardiola Ukir Sejarah

KOMPAS.com - Manchester City melaju ke final Liga Champions 2022-2023 usai menyingkirkan Real Madrid. Sang manajer Josep "Pep" Guardiola pun mengukir catatan bersejarah.

Manchester City besutan Pep Guardiola menjamu sang juara bertahan Real Madrid pada leg kedua semifinal Liga Champions 2022-2023.

Laga Man City vs Real Madrid yang digelar di Stadion Etihad, Manchester, pada Kamis (18/5/2023) dini hari WIB tersebut berakhir dengan kemenangan telak tim tuan rumah.

Man City yang tampil dominan sejak awal laga sukses melibas Real Madrid dengan skor 4-0.

Bernardo Silva membawa The Citizens unggul 2-0 pada babak pertama berkat sepasang golnya masing-masing pada menit ke-23 dan 37.

Pasukan Pep Guardiola lantas menambah dua gol pada paruh kedua yakni melalui bunuh diri bek Real Madrid, Eder Militao (76'), dan aksi penyerang pengganti Julian Alvarez (90'+1).

Hasil semifinal Liga Champions tersebut membuat Man City melaju ke final dengan kemenangan agregat 5-1 atas Real Madrid.

Pada leg pertama di markas Real Madrid, Kevin De Bruyne dkk mampu membawa pulang hasil imbang 1-1.

Guardiola ukir sejarah

Kemenangan atas Real Madrid kali ini tak hanya mengantar Man City lolos ke final. Sang manajer Pep Guardiola juga mengukir catatan bersejarah berkat hasil ini.

Dilansir dari Squawka, Guardiola menjadi pelatih pertama dalam sejarah Liga Champions (dulu bernama European Cup) yang mampu mendepak Real Madrid di fase gugur pada tiga kesempatan berbeda.

Sebelumnya, Guardiola sudah pernah mengalahkan Real Madrid di fase gugur Liga Champions.

Pada musim 2009-2011, juru taktik asal Spanyol itu mendepak Real Madrid di semifinal bersama Barcelona.

Kemudian pada musim 2019-2020, Guardiola kembali menundukkan Real Madrid bersama klub yang ia latih saat ini, Manchester City, di babak 16 besar.

Kemenangan kali ini juga membuat Guardiola membalas kekalahan menyakitkan dari lawan yang sama pada semifinal Liga Champions musim lalu.

Bagi Guardiola, ini adalah kali kedua ia membawa Manchester City lolos ke final Liga Champions.

Dua musim lalu, Guardiola mampu mengantar The Citizens ke final. Akan tetapi, mereka kalah 0-1 dari Chelsea pada laga puncak di Porto, Portugal.

Adapun pada pertandingan final nanti, Man City akan melawan wakil Italia, Inter Milan.

Pada laga semifinal lainnya, Inter berhasil mengalahkan tim tetangga, AC Milan, dengan agregat 3-0.

Partai final Liga Champions 2022-2023 yang menyajikan laga Inter Milan vs Man City akan diselenggarakan di Stadion Ataturk, Istanbul, Turki, pada 11 Juni 2023 mendatang.

https://www.kompas.com/sports/read/2023/05/18/04231488/man-city-ke-final-liga-champions-usai-singkirkan-real-madrid-guardiola

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke