Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Basket SEA Games 2023: Tim Putri Indonesia Berpeluang Raih Emas, Bersiap Ukir Sejarah

KOMPAS.com - Timnas basket putri Indonesia berpeluang meraih medali emas SEA Games 2023. Henny Sutjiono dkk pun di ambang sejarah baru.

Timnas basket putri Indonesia tampil impresif pada SEA Games 2023 Kamboja.

Pada pertandingan pertama cabang olahraga (cabor) bola basket 5x5 putri SEA Games 2023, Indonesia berhasil meraih kemenangan dramatis 67-62 atas Vietnam.

Kemudian pada laga kedua, skuad Merah Putih kembali meraih kemenangan. Kali ini, Henny Sutjiono dkk menang tipis 70-69 atas Thailand.

Performa apik tim basket putri Indonesia berlanjut pada pertandingan ketiga di mana mereka sukses melibas Malaysia dengan skor 85-57.

Terkini, timnas basket putri Indonesia mampu mengalahkan juara bertahan Filipina pada laga keempat, Jumat (12/5/2023).

Bertanding di Morodok Techo Indoor Sports Center, Phnom Penh, Indonesia sukses menundukkan Filipina yang merupakan juara SEA Games dua edisi terakhir dengan skor 89-68.

Yuni Anggraeni menjadi bintang kemenangan tim Merah Putih dengan mencetak 24 poin. 

Selain Yuni, Kimberley Pierre Louis juga tampil gemilang dengan mencetak 20 poin dan 15 rebounds.

Empat kemenangan tersebut membuat Indonesia kini berada di posisi teratas klasemen sementara cabor bola basket putri SEA Games 2023.

"Dari awal laga anak-anak sudah semangat. Mereka selangkah lagi merebut medali emas kendati masih tersisa dua laga tersisa," kata asisten pelatih timnas basket putri Indonesia, July Wong, melalui siaran pers yang diterima Kompas.com.

"Saya memberikan apresiasi kepada para pemain karena mereka bermain luar biasa hari ini," ucap July usai Indonesia menang atas Filipina.

Dengan membukukan empat kemenangan pada empat laga awal, timnas basket putri Indonesia memang berpeluang meraih medali emas.

Sebagai informasi, cabor bola basket putri 5x5 SEA Games 2023 Kamboja diikuti oleh tujuh tim yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Singapura.

Dengan tujuh tim peserta tersebut, cabor basket putri SEA Games 2023 dimainkan dengan format single round robin di mana setiap tim bertemu masing-masing sekali.

Tim yang menempati posisi teratas akan meraih medali emas, kemudian peringkat dua mendapat perak dan peringkat ketiga berhak atas medali perunggu.

"Sebentar lagi basket putri Indonesia membuat sejarah baru. Bisa dikatakan saat ini 85 persen emas sudah ada di tangan kita meski masih sisakan dua pertandingan melawan Kamboja dan Singapura," ucap penaggung jawab tim basket putri Indonesia, Christopher Tanuwidjaja.

Laga kelima Indonesia pada cabor basket putri SEA Games 2023 adalah melawan tuan rumah Kamboja pada Sabtu (13/5/2023) hari ini pukul 11.00 WIB.

Kemudian, pertandingan terakhir melawan Singapura akan dilangsungkan pada Minggu (14/5/2023) pukul 09.00 WIB.

Jika mampu membawa pulang medali emas SEA Games 2023 Kamboja, timnas basket putri Indonesia bakal mengukir catatan bersejarah.

Prestasi terbaik Indonesia di cabor basket putri SEA Games adalah meraih perak pada 2015 dan 2021. Sementara itu, tiga medali lainnya yakni perunggu diraih pada edisi 1997, 2017, dan 2019.

https://www.kompas.com/sports/read/2023/05/13/06200078/basket-sea-games-2023--tim-putri-indonesia-berpeluang-raih-emas-bersiap

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke