Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Arab Saudi Vs Meksiko: El Tri Menang 2-1, tetapi Argentina dan Polandia yang Lolos

KOMPAS.com - Timnas Meksiko berhasil mengalahkan Arab Saudi. Namun, dua tim Grup C yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 adalah Argentina dan Polandia.

Grup C Piala Dunia 2022 menggelar matchday terakhir yang menentukan dua tim lolos ke babak 16 besar. Arab Saudi bersua Meksiko, sedangkan Polandia melawan Argentina.

Adapun laga Arab Saudi vs Meksiko tersebut dilangsungkan di Stadion Iconic, Lusail, pada Kamis (1/12/2022) dini hari WIB.

Meksiko berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-1.

Dua gol Meksiko dicetak oleh Henry Martin (47') dan Luis Chavez (52'), sedangkan gol Arab Saudi dicetak oleh Salem Al Dawsari pada menit ke-90+6.

Akan tetapi, hasil Piala Dunia 2022 tersebut tak cukup untuk membawa Meksiko lolos ke babak 16 besar. Sebab, El Tri kalah selisih gol dari Polandia  yang menghuni peringkat kedua.

Adapun pada laga lainnya, Polandia kalah 0-2 dari Argentina. Dengan hasil ini, Polandia (runner-up Grup C) mendampingi juara grup Argentina lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Ulasan Laga

Meksiko tampil dominan pada babak pertama. El Tri unggul penguasaan bola mencpai 70 persen dan tercatat melakukan 11 kali upaya mencetak gol.

Total ada 11 tembakan yang coba dilepaskan para pemain Meksiko dengan enam di antaranya bisa diblok lawan dan tiga mengarah tepat ke sasaran.

Akan tetapi, serbuan bertubi-tubi yang dilancarkan Alexis Vega dkk ke pertahanan Arab Saudi tak ada yang berujung gol.

Alexis Vega punya tiga peluang mencetak gol, tetapi tak ada yang membuahkan hasil.

Di lain sisi, Arab Saudi lebih agresif menjelang turun minum.

Kans terbaik The Green Falcons tercipta pada masa injury time melalui sundulan Ali Al Hassan menyambut umpan Sultan Al Ghannam.

Beruntung bagi Meksiko, sundulan Al Hassan masih melebar di sisi kiri gawang Guillermo Ochoa.

Skor imbang tanpa gol pun menutup paruh pertama laga Arab Saudi vs Meksiko.

Kebuntuan Meksiko pecah pada awal babak kedua. Sebuah situasi sepak pojok berhasil mereka manfaatkan untuk menjebol gawang Arab Saudi.

Cesar Montes yang naik ke kotak penalti meneruskan umpan sepak pojok yang disambut oleh Henry Martin. Martin berdiri di posisi yang tepat untuk mendorong bola.

Gol Henry Martin pada menit ke-48 itu membuat Meksiko unggul 1-0 atas Arab Saudi.

Gol Martin benar-benar membuat semangat El Tri membara. Tak berselang lama, mereka kembali mencetak gol.

Luis Chavez mencatatkan namanya ke papan skor lewat sepakan bebas akurat kaki kiri. Menit ke-53, Meksiko menjauh 2-0 atas Arab Saudi.

Meksiko sebenarnya bisa kembali menjebol gawang Arab Saudi pada menit ke-55. Akan tetapi, gol yang dicetak Hirving Lozano tersebut dianulir karena ada offside dalam prosesnya.

Pada sisa waktu babak kedua, Meksiko terus menggempur lini belakang Arab Saudi. Henry Martin dan Orbelin Pineda silih berganti mengancam, tetapi gol ketiga tak kunjung datang.

Menit ke-87, lagi-lagi gol Meksiko dianulir karena offside. Kali ini, Uriel Antuna yang dinyatakan offside usai menjebol gawang Arab Saudi.

Saat Meksiko butuh gol ketiga, Arab Saudi justru bisa mencetak gol balasan lewat aksi Salem Al Dawsari pada menit ke-90+6.

Gol Al Dawsari tersebut menjadi sajian penutup pertandingan ini. Skor akhir, Meksiko menang 2-1 atas Arab Saudi.

Susunan Pemain Arab Saudi vs Meksiko

Arab Saudi (4-4-2): 21-Mohammed Khalil Al Owais (PG); 2-Sultan Alganham (Hattan Bahebri 88'), 4-Abdulelah Al Amri, 17-Hassan Al Tambakti, 5-Ali Al Bulayhi (Riyadh Mohammed Sharahili 37'); 9-Firas Al Birakan, 15-Ali Al-Hassan (Abdullah Madu 46'), 12-Saud Abdulhamid, 10-Salem Al Dawsari; 11-Saleh Al-Shehri (Abdulrahman Alobud 62'), Mohamed Ibrahim Kanno

  • Pelatih: Herve Renard

Meksiko (4-2-3-1): 13-Guillermo Ochoa (PG); 19-Jorge Sanchez (Kevin Alvarez 88'), 3-Cesar Montes, 15-Hector Moreno, 23-Jesus Gallardo; 4-Edson Alvarez (Rogelio Funes Mori 88'), 24-Luis Chavez; 22-Hirving Lozano, 17-Orbelin Pineda (Carlos Rodriguez 77'), 10-Alexis Vega (Uriel Antuna 46'); 20-Henry Martin (Raul Jimenez 77')

  • Pelatih: Gerardo Martino

https://www.kompas.com/sports/read/2022/12/01/04020508/hasil-arab-saudi-vs-meksiko-el-tri-menang-2-1-tetapi-argentina-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke