Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WSBK 2022 - Dorna: Sirkuit Mandalika Siap untuk Race Sabtu dan Minggu

KUTA, KOMPAS.com - Dorna Sports selaku promotor WSBK 2022 memastikan langsung bahwa Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, dalam kondisi siap untuk menggelar sesi Super Pole serta Race 1 pada Sabtu (12/11/2022) dan Race 2 pada Minggu (13/11/2022).

Direktur Utama (Dirut) Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, menjelaskan pada Kamis (9/11/2022) lalu pihak Dorma melakukan track improvement bersama para pebalap.

Setelah melakukan simulasi dan percobaan lintasan Dorna Sports dan Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional atau (FIM), memberikan homologasi Grade B pada sirkuit balap kebanggaan Indonesia tersebut.

Homologasi Grade B tersebut cukup sebagai syarat menyelenggarakan race WSBK.

"Dorna juga melakukan simulasi timing, simulasi evakuasi, dan sore harinya Dorna Team mengajak IMI, perpanjangan tangan Indonesia," terang Priandhi Satria kepada Kompas.com.

"MGPA mereka mengatakan memberikan homogolasi B, sehingga MGPA dapat melangsungkan ajang balap WSBK Sabtu dan Minggu besok."

Homologasi adalah pengecekan resmi yang dilakukan oleh pihak FIM untuk memberikan lisensi layak atau tidak sebuah sirkuit melangsungkan balapan.

Dalam hal ini, Sirkuit Pertamina Mandalika mendapatkan rating Grade B yang menjadi standar untuk menyelenggarakan balapan WSBK.

Kendati demikian, ia membantah adanya penurunan kualitas sehingga menyebabkan Sirkuit Pertamina Mandalika hanya mendapatkan Grade B.

"Homologasi ini diberikan rata-rata H-3 menjelang hari balap, jadi homologasi ini tidak berlaku selama satu tahun. Pendapat orang penurunan dari A ke B itu tidak perlu ditakutkan," terangnya.

Grade B ditengarai diberikan karena ada beberapa catatan minor yang diberikan oleh pembalap.

Disebutkan bahwa aspal sirkuit masih baru sehingga grip yang terdapat di lintasan sirkuit kurang sempurna.

Selain itu, kriteria penilaian WSBK dan MotoGP juga berbeda. "Tahun depan kita menjadi tuan rumah MotoGP, homologasi pasti kita diberikan A lagi," tandasnya.

https://www.kompas.com/sports/read/2022/11/11/19462708/wsbk-2022-dorna-sirkuit-mandalika-siap-untuk-race-sabtu-dan-minggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke