Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil F1 Ferrari Michael Schumacher Terjual Rp 233 Miliar dan Pecahkan Rekor

KOMPAS.com - Mobil balap Ferarri yang dikendarai Michael Schumacher saat menjadi juara dunia Formula 1 (F1) 2003 terjual lebih dari 13 juta dollar Amerika Serikat.

Dilansir dari Instagram rumah lelang Sotheby's, Mobil F2003-GA dengan nomor sasis 229 itu terjual dengan harga 14.873.327 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 233 miliar dalam acara lelang pada Rabu (9/11/2022) waktu setempat. 

Harga tersebut mengalahkan rekor sebelumnya yaitu mobil Ferrari Michael Schumacher model F2001 yang terjual seharga 7,5 juta dollar Amerika Serikat di rumah lelang Sotheby's di New York pada 2017. 

"Mobil yang luar biasa ini telah mencapai harga yang memecahkan rekor dunia pada era modern Formula 1," demikian pernyataan rumah lelang Sotheby's, dilansir dari Antara. 

Michael Schumacher mengendarai mobil F2003-GA sembilan kali dan mengantarkannya memenangi lima seri Grand Prix pada 2003 sekaligus membawanya meraih gelar juara dunia F1 di Jepang. 

"Ini adalah salah satu Ferrari yang memiliki jumlah kemenangan terbanyak dalam sejarah konstruktor," kata Vincent Luzuy yang menangani jual beli mobil mewah di cabang Sotheby's. 

"Jadi, ini adalah mobil yang sangat penting dalam sejarah balap," ucap Vincet Luzuy melanjutkan. 

Didesain oleh Rory Bryne dan Ross Brawn, F2003-GA memiliki wheelbase yang lebih panjang dan aerodinamika yang ditingkatkan. 

Model tersebut dibawa pada Grand Prix Spanyol yang menjadi balapan kelima musim 2003. Sasis 229 sejauh ini juga menjadi yang paling sukses dari enam F2003-GA yang dibangun. 

Michale Schumacher mengendarai mobil tersebut ketika meraih kemenangan di Spanyol, Austria, Kanada, Italia, dan Amerika Serikat. 

Ia juga meraih pole positon di Spanyol, Austria, dan Italia dengan mobil tersebut. Bersama mobil itu, Schumacher juga sukses meraih lap tercepat di Austria, Italia, dan Amerika Serikat. 

Mobil F2003-GA membantu Michael Schumacher meraih gelar juara dunia keenam kalinya di Formula 1 sekaligus melampui raihan pebalap Argentina, Juan Manuel Fangio. 

Michael Schumacher juga membawa Ferrari meraih gelar ke-13 konstruktor, lima secara beruntun, bagi pabrikan Italia tersebut. 

Adapun Michael Schumacher belum tampil di publik lagi menyusul cedera serius yang ia alami setelah mengalai kecelakaan saat bermain ski pada 2013. 

https://www.kompas.com/sports/read/2022/11/10/13200028/mobil-f1-ferrari-michael-schumacher-terjual-rp-233-miliar-dan-pecahkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke