Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lengkap! 32 Tim Menuju Grand Final Livin Mandiri Indonesia 3x3 Tournament di Jakarta

Delapan tim dari masing-masing kategori pada Province Finals Jawa Timur lolos ke Grand Finale pada Minggu (30/10/2022), baik U-18 maupun U-23 putra dan putri.

Mereka adalah SMA 2 Mojokerto dan SMAN 1 Grati dari U-18 Putri, SMAK Santa Agnes A dan SMA Kolese Santo Yusup E dari U-18 putra, Loops dan Kenanga Jaya A wakil dari kategori U-23 putra. Adapun Mawar dan Ciputra dari kategori U-23 putri.

"Kami lolos ke Grand Finale. Kami sangat senang dengan capaian ini," ujar pemain SAMN 1 Grati, Aisatul Badriyatus Solicha, didampingi rekan setimya, Olivia Anjelly Kusuma, Windi Dwi Lestari, dan Adelia Rafikha Dynata.

"Kami akan manfaatkan waktu sebulan menuju Grand Finale untuk persiapkan diri lebih baik. Melakukan pembenahan mulai dari fisik, taktik hingga kebersamaan agar lebih kompak karena kami ingin juara."

Lolosnya delapan tim dari Jawa Timur membuat peserta Grand Finale sudah lengkap menjadi 32 tim. Event Grand Finale akan berlangsung pada 26-27 November 2022 di Jakarta.

Sebelumnya, 24 tim dari tiga Province Finals sudah lebih dulu meraih tiket Grand Finale. Tiga wilayah yang menghasilkan masing-masing delapan tim tersebut adalah Jakarta, Jawa Barat dan DI Yogyakarta.

Tournament Project Director Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament, Chaerul Anwar Azis, memberikan apresiasi karena turnamen berjalan lancar dan sportif. Dia pun optimistis Grand Finale bakal berlangsung seru. 

"Semua peserta yang bertanding memiliki kualitas tinggi. Peserta juga perlihatkan fairplay. Tidak ada gesekan ataupun perkelahian. Semua tim main sportif dan kualitas permainan tinggi meski secara level kompetisi semua peserta kekuatannya merata," ujarnya.

Melihat antusiasme peserta, Chaerul mempertimbangkan menyinggahi lebih banyak kota untuk event tahun depan. Alternatif kota akan dipilih di luar Jawa dan akan diumumkan setelah rangkaian pelaksanaan tahun ini.

"Kami ingin konsentrasi pada pengembangan di 3x3. Membantu Perbasi menyediakan bibit pemain untuk bisa dipakai di timnas. Jadi kami akan terus mengembangkan turnamen ini," ungkapnya.

Salah satu peserta dari Universitas Brawijaya, Ganesha Areo, mendukung pelaksanaan turnamen ini di beberapa kota lagi di seluruh Indonesia. Harapannya, semua pemain muda bisa merasakan persaingan dalam turnamen ini.

"Bahkan ini ada peserta dari Bali ikut di City Selection Malang. Jadi ke depan akan lebih bagus jika diadakan di lebih banyak kota lagi. Apalagi selama pelaksanaan, turnamen ini berjalan bagus. Semua peserta bersaing menunjukkan kualitas bagus," ujar Ganesha. 

Livin by Mandiri Indonesia 3X3 Tournament terselenggara atas kerja sama PT Supersport Sensation (SSS) International bersama Bank Mandiri dan PP Perbasi. Pertandingan pertama ajang ini digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro pada 19 Februari 2022.

Direktur SSS International, Azwan Karim, mengapresiasi dukungan semua pihak sehingga event ini berjalan lancar. Ini membuat mereka kian bersemangat membantu menyediakan pemain berkualitas untuk Timnas, khususnya kategori Basket 3x3.

https://www.kompas.com/sports/read/2022/10/30/21571608/lengkap-32-tim-menuju-grand-final-livin-mandiri-indonesia-3x3-tournament

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke