Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Final Indonesia Open 2022: Derbi Jepang Sengit, Nami Matsuyama/Chiharu Shida Juara!

KOMPAS.com - Hasil final Indonesia Open 2022 sektor ganda putri menjadi milik Jepang. Dua wakil Negeri Sakura, Nami Matsuyama/Chiharu Shida dan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, bertemu pada laga puncak turnamen kategori BWF World Tour Super 1000 tersebut.

Jepang memastikan satu gelar di nomor ganda putri Indonesia Open 2022 setelah Nami Matsuyama/Chiharu Shida dan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota sama-sama melaju ke partai puncak.

Final Indonesia Open 2022 nomor ganda putri yang mempertemukan Nami Matsuyama/Chiharu Shida dengan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota digelar di Lapangan 1 Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Minggu (19/6/2022) siang WIB.

Nami Matsuyama/Chiharu Shida dan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota yang bersua pada laga final Indonesia Open 2022 merupakan dua dari tiga ganda putri terbaik yang dimiliki Jepang saat ini.

Yuki Fukushima/Sayaka Hirota adalah ganda putri nomor empat dunia, sedangkan Nami Matsuyama/Chiharu Shida saat ini menempati peringkat tujuh dunia.

Final Indonesia Open 2022 kali ini menjadi duel kedua Nami/Chiharu melawan Yuki/Sayaka.

Pertemuan pertama mereka terjadi pada babak kedua turnamen Korea Open 2019. Hasilnya, Nami/Chiharu berhasil mengalahkan rekan senegaranya itu dua gim langsung dengan skor 21-18 dan 22-20.

Kali ini, Derbi Jepang pada final Indonesia Open 2022 dimenangi oleh Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Mereka sukses menaklukkan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota lewat rubber game dengan skor 18-21, 21-14, dan 21-17.

Nami/Chiharu membutuhkan waktu 75 menit untuk menaklukkan Yuki/Sayaka pada laga puncak nomor ganda putri Indonesia Open 2022.

Ulasan Laga

Nami Matsuyama/Chiharu Shida menatap Indonesia Open 2022 dengan tren apik. Sebelumnya, mereka sukses menjuarai All England Open dan Thailand Open 2022.

Nami/Chiharu bermain agresif pada awal gim pertama. Chiharu tampil apik di garis belakang, sedangkan Nami sangat cepat di depan net. Di lain sisi, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota coba meladeni permainan menyerang kompatriotnya itu.

Sebuah reli sengit 82 pukulan berhasil dimenangi Yuki/Sayaka. Namun, Nami/Chiharu masih unggul satu angka, 7-6, atas Yuki/Sayaka.

Yuki/Sayaka lantas mendapatkan momentum ketika mereka bisa berbalik unggul 11-8 pada saat interval gim pertama.

Selepas interval, Yuki/Sayaka mampu mendulang dua poin beruntun, salah satunya melalui reli panjang yang kembali bisa mereka menangi. Yuki/Sayaka melebarkan jarak menjadi 13-9.

Yuki/Sayaka sempat unggul 19-15. Akan tetapi, Nami/Chiharu tampil luar biasa untuk menipiskan angka menjadi 18-19.

Pada saat unggul 19-18, Yuki Fukushima meminta challange yang dinyatakan sukses sehingga Yuki/Sayaka mencapai game point. Yuki/Sayaka lantas bisa merebut gim pertama dengan skor 21-18 setelah bola pengembalian Nami Matsuyama keluar.

Laga sengit berlanjut ke gim kedua. Nami Matsuyama/Chiharu Shida dua kali mampu memanfaatkan pengembalian servis yang buruk dari Yuki/Sayaka.

Permainan menyerang nan cepat Nami/Chiharu cukup merepotkan Yuki/Sayaka. Sayaka Hirota yang tahun lalu mengalami cedera lutut tampak belum kembali ke performa terbaknya meski dia tetap tampil impresif pada laga ini.

Pada saat interval gim kedua, Nami Matsuyama/Chiharu Shida mampu menjaga keunggulan 11-9 atas Yuki/Sayaka.

Nami/Chiharu tak mau lagi membuang keunggulan seperti pada awal gim pertama. Mereka berhasil merebut gim kedua dengan keunggulan 21-14 atas Yuki/Sayaka. Pemenang laga ini pun harus ditentukan lewat gim ketiga.

Duel pada gim ketiga berjalan lebih sengit. Nami Matsuyama/Chiharu Shida sempat dibuat kocar-kacir pada awal gim ketiga serangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Reli-reli panjang yang menguras tenaga menjadi pemandangan gim ketiga laga Yuki/Sayaka vs Nami/Chiharu. Nami/Chiharu mampu unggul tipis, 11-10, atas Yuki/Sayaka pada saat interval.

Sebuah drive cerdik di depan net yang dilepaskan Nami Matsuyama membuat Yuki Fukushima tersungkur. Nami/Chiharu kini unggul 13-11 atas Yuki/Sayaka.

Selepas itu, Yuki Fukushima menunjukkan reaksi brilian untuk mengembalikan bola dari Nami Matsuyama dalam sebuah reli 46 pukulan. Yuki/Sayaka berbalik unggul 14-13.

Dua poin beruntun lantas didapatkan oleh Yuki/Sayaka. Kini mereka unggul dua angka, 16-14, atas Nami/Chiharu. Akan tetapi, Nami/Chiharu terus melancarkan serangan untuk mengejar ketertinggalan.

Usai melakoni reli-reli sengit dan saling kejar poin, Nami Matsuyama/Chiharu Shida akhirnya bisa menyudahi perlawanan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota pada gim ketiga dengan skor 20-17.

Hasil Final Indonesia Open 2022 ini membuat Nami/Chiharu meraih gelar juara sekaligus mempertahankan titel yang tahun lalu mereka raih di Nusa Dua, Bali.

Tak hanya itu, keberhasilan menjuarai Indonesia Open 2022 juga membuat Nami Matsuyama/Chiharu Shida melanjutkan tren apik tahun ini usai menjuarai All England Open dan Thailand Open 2022.

https://www.kompas.com/sports/read/2022/06/19/15482868/hasil-final-indonesia-open-2022-derbi-jepang-sengit-nami-matsuyama-chiharu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke