Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Laga-laga Dunia: Panggung Ronaldo hingga Sejarah Messi dan Gavi

KOMPAS.com - Laga-laga dunia pekan ini menjadi panggung bagi sejumlah pemain top, mulai dari performa impresif Cristiano Ronaldo hingga catatan bersejarah yang diukir oleh Lionel Messi dan Pablo Gavi.

Di Eropa, beberapa tim melanjutkan kiprah di pentas UEFA Nations League 2022-2023 pada laga-laga yang digelar Senin (6/6/2022) dini hari WIB.

Dua tim top Benua Biru yakni Spanyol dan Portugal melakoni matchday kedua Liga A UEFA Nations League 2022-2023.

Timnas Spanyol menjalani partai tandang ke markas Republik Ceko, sedangkan Portugal yang dipimpin oleh Cristiano Ronaldo menjamu Swiss di Stadion Jose Alvalade, Lisbon.

Diperkuat oleh Cristiano Ronaldo yang kali ini kembali tampil sebagai starter, timnas Portugal berhasil menaklukkan Swiss dengan skor telak 4-0.

Cristiano Ronaldo memborong dua gol kemenangan Portugal atas Spanyol, masing-masing pada menit ke-35 dan 39.

Dua gol skuad Selecao das Quinas lainnya dicetak oleh William Carvalho pada menit ke-15 dan Joao Cancelo menit ke-68.

Sementara di Stadion Sinobo, Praha, timnas Spanyol harus puas bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Republik Ceko.

Ceko dua kali memimpin lewat aksi Jakub Pesek pada menit ke-4 dan Jan Kuchta menit ke-66. Namun, Spanyol bisa membalas melalui gol Pablo Gavi menit ke-45+3 dan gol telat Inigo Martinez pada menit ke-90.

Meski Spanyol gagal menang, sebuah catatan bersejarah diukir oleh gelandang muda La Roja yang bermain untuk FC Barcelona, Pablo Gavira alias Gavi.

Dilansir dari Opta, Gavi pada usia 17 tahun 304 hari menjadi pemain termuda Spanyol yang mampu mencetak gol di pertandingan kompetitif, memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Ansu Fati (17 tahun 311 hari).

Usai mengantar timnas Argentina mengalahkan Italia dengan skor 5-0 pada laga Finalissima, Lionel Messi kembali memimpin pasukan La Albiceleste melakoni laga uji coba internasional kontra Estonia.

Bertempat di Stadion El Sadar, Pamplona, timnas Argentina besutan Lionel Scaloni melibas Estonia dengan skor 5-0.

Lionel Messi menjadi bintang utama kemenangan Argentina atas Spanyol. Penyerang milik Paris Saint-Germain itu memborong lima gol kemenangan La Albiceleste, masing-masing pada menit ke-9 (via penalti), 45, 47, 71, dan 76.

Pesta lima gol Messi tersebut membuat La Pulga mencetak sejarah.

Dilansir dari Squawka, Messi menjadi manusia pertama yang mampu mencetak lima gol dalam satu laga di panggung internasional dan Liga Champions.

Sebelumnya, Messi sudah pernah mencetak lima gol dalam satu laga di level klub yaitu ketika ia masih berseragam FC Barcelona.

La Pulga kali pertama mencetak lima gol dalam satu laga ketika Barcelona menggulung Bayer Leverkusen 7-1 pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2011-2012.

UEFA Nations League

Liga A Grup 2

  • Republik Ceko 2-2 Spanyol
  • Portugal 4-0 Spanyol

Liga B Grup 4

  • Serbia 4-1 Slovenia
  • Swedia 1-2 Norwegia

Liga C Grup 2

  • Kosovo 0-1 Yunani

Uji Coba

  • Arab Saudi 0-1 Kolombia
  • Argentina 5-0 Estonia

https://www.kompas.com/sports/read/2022/06/06/05000978/hasil-laga-laga-dunia-panggung-ronaldo-hingga-sejarah-messi-dan-gavi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke