Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perpanjang Kontrak, Carlos Sainz Tetap bersama Ferrari hingga 2024

Pebalap 27 tahun ini mengaku sangat gembira bisa terus bersama Ferrari. Dia tetap membela tim asal Italia tersebut hingga akhir musim 2024.

"Saya sangat senang memperbarui kontrak dengan Scuderia Ferrari," ujar Sainz dikutip dari laman resmi tim, Kamis (21/4/2022).

"Saya selalu mengatakan tidak ada tim F1 yang lebih baik untuk balapan dan setelah lebih dari satu tahun bersama mereka, saya dapat mengonfirmasi bahwa mengenakan seragam dan mewakili tim ini adalah unik dan tidak ada bandingnya."

Sainz bergabung dengan Ferrari pada 2021. Dia meninggalkan tim McLaren untuk menggantikan posisi juara dunia Sebastian Vettel.

Pada musim debutnya, Sainz finis di peringkat kelima klasemen pebalap sekaligus membantu Ferrari meraih peringkat ketiga klasemen konstruktor.

Musim ini, Sainz bersaing untuk menjadi juara dunia. Performa impresif Ferrari pada awal musim 2022 ini menempatkan Sainz di peringkat ketiga klasemen sementara setelah naik podium dalam dua seri pembuka di Bahrain dan Arab Saudi.

Pada seri terbaru di Australia, Sainz gagal meraih poin karena mengalami kecelakaan pada awal lomba GP Australia. Tetapi rekan setimnya, Charles Leclerc, tampil solid sehingga menjadi juara.

"Musim perdana saya di Maranello solid dan konstruktif... hasil dari seluruh kerja itu semakin jelas sejauh musim ini," ungkap Sainz.

Dia mengaku semakin kuat dan percaya diri sehingga tak sabar menunjukkan aksinya di lintasan demi menghibur para penggemar Ferrari.

"F1-75 terbukti sebagai front-runner, yang memungkinkan saya mengejar tujuan di lintasan, yaitu mulai meraih kemenangan F1 pertama saya," kata Sainz.

Ferrari menjadi kandidat kuat juara musim 2022. Rekan setim Sainz, Leclerc, menegaskan itu dengan kemenangan dalam dua dari tiga seri yang sudah dilakoni, termasuk ketika runner-up di Jeddah.

Alhasil, pebalap Monako tersebut saat ini memuncaki klasemen sementara pebalap F1. Dia unggul 34 poin atas rival terdekatnya dari tim Mercedes, George Russell.

Fakta ini membuat Mattia Binotto senang. Ketua tim Ferrari ini menilai mereka memiliki pasangan yang sangat kuat sehingga tak ada keraguan memperbarui kontrak Sainz.

"Saya selalu mengatakan bahwa kami memiliki pasangan pebalap terbaik di F1," ujar Mattia Binotto.

"Melalui setiap balapan, seperti memperpanjang kontrak Carlos adalah langkah alami, dengan demikian memastikan kestabilan dan kontinuitas."

"Dia telah membuktikan diri memiliki bakat yang kami harapkan, memberi hasil mengesankan dan memanfaatkan seluruh kesempatan dengan baik."

Setelah memperbarui kontrak, Sainz harus segera fokus menghadapi seri keempat dari 23 balapan dalam kalender F1 2022. Mereka bakal bersaing dalam GP Emilia Romagna di Imola.

Ini merupakan sirkuit yang bisa dibilang sebagai rumahnya Ferrari. Sirkuit itu juga menyandang nama pendiri Ferrari, Enzo dan sang putra, Dino.

Sainz terjun ke arena F1 pada 2015 bersama tim Scuderia Toro Rosso. Kemudian, dia pindah ke Renault pada 2017, lalu McLaren (2019), sebelum bergabung dengan Ferrari pada 2021.

https://www.kompas.com/sports/read/2022/04/21/17213388/perpanjang-kontrak-carlos-sainz-tetap-bersama-ferrari-hingga-2024

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke