Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Timnas Indonesia Vs Vietnam, Mengapa Egy Maulana Vikri Belum Bisa Bela Tim Garuda?

KOMPAS.com - Egy Maulana Vikri dipastikan absen ketika timnas Indonesia melawan Vietnam. Lantas mengapa Egy hingga kini belum bisa membela skuad Garuda di Piala AFF 2020?

Timnas Indonesia akan bertanding melawan juara bertahan Vietnam pada matchday ketiga fase grup Piala AFF 2020.

Duel timnas Indonesia vs Vietnam bakal digelar di Stadion Bishan, Singapura, pada Rabu (15/12/2021) malam WIB.

Egy Maulana Vikri yang tak bisa memperkuat Tim Garuda saat melawan Kamboja dan Loas dipastikan akan kembali absen kontra Vietnam.

Asisten pelatih skuad Garuda, Nova Arianto, telah mengonfirmasi bahwa pemain klub FK Senica itu bakal absen pada laga Indonesia vs Vietnam.

"Egy Maulana Vikri tidak bisa bermain melawan Vietnam," ucap Nova Arianto, seperti dilansir Kompas.com dari BolaSport.com, Selasa (14/12/2021).

Lalu, mengapa Egy tak bisa bela timnas Indonesia sejak awal Piala AFF 2020?

Nama Egy Maulana Vikri termasuk ke dalam daftar 30 pemain yang dipanggil pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menghadapi Piala AFF 2020.

Berbeda dengan Witan Sulaeman (Lechia Gdansk) yang juga merumput di Eropa, Egy tak bisa membela Tim Garuda sejak awal turnamen Piala AFF 2020.

Ada dua alasan mengapa pemain berusia 21 tahun itu tak bisa memperkuat timnas Indonesia sejak pertandingan pertama Piala AFF kali ini.

1. Tak Dilepas Pihak Klub

Alasan pertama mengapa Egy Maulana Vikri harus absen pada laga-laga awal Piala AFF 2020 adalah ia tak dilepas oleh klubnya, FK Senica.

Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, PSSI sejatinya telah berkomunikasi dengan FK Senica agar klub peserta kompetisi teratas Liga Slovakia itu bersedia melepas Egy ke timnas Indonesia pada 12 atau 13 Desember 2021.

Akan tetapi, pihak FK Senica enggan melepas Egy sesuai waktu yang diinginkan oleh PSSI. Mereka baru akan melepas sang pemain pada 19 Desember 2021.

Adapun, FK Senica masih menyisakan satu pertandingan kontra AS Trencin pada 18 Desember mendatang.

Itu merupakan laga pamungkas FK Senica di Liga Slovakia musim ini sebelum mereka memasuki masa libur musim dingin selama kurang lebih dua bulan.

Egy Maulana Vikri sendiri sedang menjalani musim yang cukup bagus bersama FK Senica.

Sejauh ini, pemain kelahiran Medan itu telah mencetak dua gol dan satu assist dari 11 penampilan di kompetisi teratas Liga Slovakia, Fortuna Liga.

2. Piala AFF Bukan Agenda FIFA

Piala AFF adalah turnamen sepak bola bergengsi di kawasan Asia Tenggara. Meski demikian, turnamen yang dulu bernama Piala Tiger itu tak masuk agenda resmi FIFA.

Itulah yang menjadi alasan mengapa FK Senica hingga kini belum mau melepas Egy Maulana Vikri ke timnas Indonesia.

Alhasil, Egy tak bisa memperkuat Tim Garuda pada pertandingan-pertandingan awal Piala AFF 2020.

Jika FK Senica baru melepaskan Egy setelah 18 Desember 2021, mantan pemain Lechia Gdansk itu juga diragukan bisa tampil ketika timnas Indonesia melawan Malaysia pada laga pamungkas fase grup Piala AFF 2020.

Adapun, duel Malaysia vs timnas Indonesia di babak penyisihan Piala AFF 2020 bakal digelar pada Minggu (19/12/2021) mendatang.

https://www.kompas.com/sports/read/2021/12/14/20010028/timnas-indonesia-vs-vietnam-mengapa-egy-maulana-vikri-belum-bisa-bela-tim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke