Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapkan FIBA World Cup 2023, Timnas Basket Indonesia Jalani TC di Las Vegas

KOMPAS.com - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) memanggil 12 pemain untuk mengikuti training center (TC). 

Pemusatan latihan yang digelar sebagai ajang persiapan menjelang FIBA World Cup 2023 itu akan dimulai di Jakarta pada Senin (4/10/2021) dan dilanjutkan dengan training camp di Las Vegas, Amerika Serikat, pada 30 Oktober. 

Sebelum tampil di FIBA World Cup 2023, timnas basket Indonesia harus berjuang lebih dulu di babak kualifikasi.

Pada window pertama Kualifikasi FIBA World Cup 2023, Indonesia dijadwalkan berhadapan dengan Lebanon pada November 2021.

Sebanyak dua pemain yang baru mendapatkan kewarganegaraan Indonesia yaitu Dame Diagne dan Serigne Modou Kane juga termasuk dalam 12 pebasket yang mengikuti pemusatan latihan.

Adapun 10 pemain lainnya adalah Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa, Covinda Julian Saputra, Vincent Rinaldi Kosasih, Hardianus Lakudu, Kevin Yonas, Widyanta Putra Teja, Abraham Damar Grahita, Juan Laurent Kokodiputra, dan Sandy Ibrahim Aziz.

Sebanyak 12 pebasket ini akan dipoles oleh pelatih Rajko Toroman dan asistennya yaitu Wahyu Widayat Jati serta Johannis Winar.

Manajer timnas basket Indonesia, Maulana Fareza Tamrella, mengatakan bahwa TC akan dimulai pada Senin (4/10/2021) di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat.

"Latihan mulai hari Senin 4 Oktober. Rencananya 4 minggu berlatih di GBK Arena, Jakarta," katanya dilansir Kompas.com dari laman resmi Perbasi.

"Setelah itu, tanggal 30 Oktober bertolak ke Las Vegas, Amerika, untuk menjalani training camp sampai 22 November. Lalu langsung ke Lebanon untuk menjalani kualifikasi," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Mocha itu mengungkapkan bahwa timnas basket Indonesia akan menjalani 5 sampai 6 laga uji coba selama menjalani training camp di Las Vegas.

"Program di US kami akan lakukan 5 hingga 6 kali uji tanding dengan tim yang disiapkan rekan kami di Las Vegas," kata Mocha.

"Rencananya 12 pemain yang dipanggil tersebut akan dibawa ke US dan dalam perjalanannya akan ada penambahan pemain," tuturnya.

Pemain yang akan bergabung itu adalah Brandon Jawato yang kini bermain di Liga Bola Basket Jepang bersama Utsunomiya Brex di B League.

Kemudian, satu pemain naturalisiasi lainnya yaitu antara Marques Bolden atau Lester Prosper.

“Jadi semua masih ada kesempatan dan pastinya kita akan bawa 12 pemain terbaik ke Lebanon untuk jalani qualifiers November nanti,” ucap Mocha.

Pertandingan di Lebanon akan dilaksanakan pada 26 November. Tiga hari kemudian pertandingan kedua dilaksanakan dengan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Sekembalinya dari Lebanon pemain akan dikembalikan ke klub untuk persiapan IBL,” katanya.

Timnas basket Indonesia memiliki dua jalur untuk bisa tampil di FIBA World Cup 2023 yang digelar di Jakarta.

Selain melalui kualifikasi, ada jalur lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menembus peringkat delapan besar saat FIBA Asia Cup 2021 tahun depan.

“Kami akan manfaatkan dua jalur ini untuk bisa tampil FIBA World Cup 2023,” kata Sekretaris Jenderal PP PERBASI, Nirmala Dewi.

https://www.kompas.com/sports/read/2021/10/01/22200058/persiapkan-fiba-world-cup-2023-timnas-basket-indonesia-jalani-tc-di-las

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke