Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Olimpiade Tokyo - Menang Dramatis, Lifter Filipina Raih Emas dan Ukir Sejarah

Perjalanan Hidilyn Diaz dalam meraih emas terbilang dramatis karena baru memastikan kemenangan pada angkatan clean & jerk terakhir.

Tampil di Tokyo International Forum, venue angkat besi Olimpiade Tokyo, pada Senin (26/7/2021) malam WIB, Hidilyn Diaz berhasil menorehkan total angkatan 224 kg.

Hidilyn Diaz mengukir raihan tersebut setelah berhasil mencatatkan 97 kg di angkatan snatch dan 127 kg di angkatan clean & jerk.

Sebelum sukses mengangkat beban 127 kg pada percobaan terakhir di sesi clean & jerk, dia tertinggal dua angka dari lifter China, Qiuyun Liao.

Situasi tersebut sempat membuat Qiuyun Liao berada di ambang keberhasilan meraih medali emas.

Namun, Hidilyn Diaz yang pada angkatan clean & jerk kedua sukses mengangkat beban 124 kg membuat keputusan berani dengan menambah beban 3 kg.

Hidilyn Diaz tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Dia berhasil mengangkat beban 127 kg pada angkatan terakhir clean & jerk dan menyalip Qiuyun Liao secara dramatis.

Alhasil, Hidilyn Diaz berhak meraih medali emas kelas 55 kg angkat besi putri Olimpiade Tokyo 2020, sedangkan Qiuyun Liao harus puas membawa pulang medali perak.

Adapun medali perunggu kelas 55 kg angkat besi putri Olimpiade Tokyo menjadi milik lifter Kazakhstan, Zulfiya Chinshanlo, yang mencatatkan total angkatan 213 kg.

Setelah meraih medali emas Olimpiade Tokyo, Hidilyn Diaz masuk dalam buku sejarah.

Dia menjadi peraih medali emas Olimpiade pertama dalam sejarah keikutsertaan Filipina di perhelatan multi-ajang empat tahunan tersebut.

Selain itu, Hidilyn Diaz juga menjadi penyumbang medali pertama untuk Filipina pada Olimpiade Tokyo 2020.

Kini, kontingen Filipina telah mengantongi 1 medali emas, setara dengan sejumlah negara lain seperti Austria, Norwegia, hingga Thailand.

Secara peringkat, Filipina berada di atas Indonesia yang sejatinya sudah mengantongi dua medali (perak dan perunggu), tetapi belum meraih emas.

https://www.kompas.com/sports/read/2021/07/27/00052018/olimpiade-tokyo-menang-dramatis-lifter-filipina-raih-emas-dan-ukir-sejarah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke