Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Tomas Holes, Kunci Ceko Habisi Belanda di 16 Besar Euro 2020

KOMPAS.com - Ceko mengalahkan Belanda 2-0 untuk meraih tiket menuju perempat final Euro 2020 pada Minggu (27/6/2021) malam WIB.

Hasil tersebut tidak lepas dari performa gelandang Ceko, Tomas Holes, yang terlibat langsung dalam proses terciptanya kedua gol timnya ke gawang Belanda.

Seluruh gol milik Ceko dalam laga tersebut, dibuat setelah Belanda bermain dengan 10 pemain akibat bek Matthijs de Ligt mendapatkan kartu merah pada menit ke-55.

Aksi gemilang Tomas Holes diawali dari gol sundulan yang dibuatnya pada menit ke-68 setelah menerima. umpan bek Tomas Kalas dari situasi bola mati.

Tomas Holes mampu membobol gawang kawalan Marten Stekelenburg, terlepas keberadaan tiga pemain Belanda berada di garis gawang.

Kontribusi berikutnya dari Tomas Holes untuk kemenangan Ceko terjadi pada menit ke-80, saat memenangkan bola dari lini tengah dan menyediakan bola matang untuk penyerang Patrik Schick.

Rangkaian serangan tersebut ditutup dengan tendangan Schick menuju pojok bawah gawang Belanda, yang menaklukkan Stekelenburg.

Seperti dilansir dari laman resmi UEFA, laga kontra Belanda merupakan penampilan keempat Tomas Holes bersama timnas Ceko di ajang Euro 2020.

Pada penampilan tersebut, Tomas Holes menorehkan performa terbaiknya sepanjang Euro 2020 yang ditandai dengan raihan penghargaan Man of the Match atau Pemain Terbaik selama Pertandingan.

Berdasarkan penilaian para pengamat teknik UEFA, Tomas Holes berkontribusi besar dengan gol dan assist yang dibuatnya sepanjang laga.

Selain itu, Holes juga sigap mengawal lini tengah Ceko serta memastikan Belanda tidak mampu mengembangkan permainan secara nyaman.

Tomas Holes memperoleh debutnya bersama timnas Ceko pada laga melawan Skotlandia di pentas UEFA Nations League pada September 2020.

Usai pertandingan melawan Belanda di 16 besar Euro 2020, Holes sudah mencatatkan 12 penampilan membela negaranya di berbagai kesempatan dan mencetak dua gol.

Euro 2020 sendiri merupakan kesempatan perdana baginya tampil di kejuaraan besar bersama timnas Ceko di bawah asuhan pelatih Jaroslav Silhavy.

Biodata Singkat Tomas Holes

  • Nama Lengkap: Tomas Holes
  • Tempat/Tanggal Lahir: Hradec Kralove/31 Maret 1993
  • Kebangsaan: Ceko
  • Tinggi Badan: 180 cm
  • Kaki Dominan: Kanan
  • Posisi Bermain: Gelandang bertahan, Bek sayap
  • Karier Sepak Bola: FC Hradec Karlove (2012-2018) FK Jablonec (pinjam; 2017-2018, 2018-2019) Slavia Prague (2019-...)

https://www.kompas.com/sports/read/2021/06/28/06300048/profil-tomas-holes-kunci-ceko-habisi-belanda-di-16-besar-euro-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke